3 Hal penting yang perlu disiapkan dalam Berkarir


3 HAL PENTING YANG PERLU DISIAPKAN DALAM BERKARIR


FORDIASI.COM | TIPS DUNIA KERJA - Dalam meniti karir ada beberapa hal yang perlu disiapkan sejak dini. Hal tersebut berkaitan dengan perjalanan karir kita di masa depan. Tidak mungkin sobat fordiasi akan terus di zona nyaman bukan? pastinya ingin naik ke level yang lebih tinggi dari sebelumnya..


Riffa Sancati melalui laman linkedinnya membagikan " 3 Hal penting yang perlu disiapkan dalam Berkarir ". selengkapnya, yuk disimak tulisannya di bawah ini :


Tiga hal penting yang sebaiknya disiapkan sejak awal berkarier khususnya untuk Anda yang ingin terus berkarier hingga tingkatan yang lebih tinggi.


1. Networking. Jadilah pekerja yang bermanfaat untuk orang lain mulai dari teman sekantor, atasan, hingga klien dan customers. Networks yang solid bisa memberikan kita career opportunities yang belum tentu kita dapatkan dari orang asing yang baru mengenal kita.


2. Expertise. Pastikan kompetensi kita ikut meningkat seiring bertambahnya usia. Pelajari skills baru, ikuti perkembangan teknologi dan jangan malas untuk belajar. Jangan kerja asal kerja tapi kerja dengan pemahaman penuh atas apa yang sedang kita kerjakan. Jangan pula mudah menyerah saat berhadapan dengan tugas sulit karena justru kesulitan itulah yang akan menjadikan kita ahli dalam bidang yang kita tekuni. Ingat bahwa definisi “expert” adalah orang yang mampu mengatasi situasi sulit dan bukan orang yang hanya bisa mengerjakan tugas yang mudah saja.

$ads={1}


3. Wisdom. Menjadi dewasa dan bijaksana butuh proses yang panjang sehingga semakin cepat kita mulai mendewasakan diri akan lebih baik untuk masa depan kita. Berhenti bersikap layaknya remaja dan mulai bertanggung jawab atas pilihan, tindakan serta ucapan kita sendiri.


Tiga hal di atas bukan sesuatu yang bisa kita dapatkan hanya dalam waktu satu sampai dua tahun saja. Jadi sebaiknya berhenti menunda-nunda! Prosesnya memang tidak selalu terasa nyaman dan menyenangkan, tapi seperti yang pernah saya tulis sebelumnya: tidak banyak hal baik yang bisa kita dapatkan di dalam zona nyaman.


Tambahan melalui status terbaru Riffa Sancati :


Dua hal penting yang saya harap sudah mulai saya pelajari sejak sebelum berkarier sebagai division head:


1. Politik kantor. Makin tinggi jabatan ternyata makin kencang politiknya. Penting untuk belajar berpolitik secara sehat untuk setidaknya melindungi diri kita dari politik kotornya orang lain. Hal itu makin terasa penting setelah menjadi kepala divisi mengingat di posisi tersebut kita sudah tidak punya lagi kepala yang bisa menjadi “perisai” dan justru diri kita inilah yang justru harus bisa jadi “perisai” untuk divisi yang kita pimpin.

$ads={2}


2. Emotional intelligence. Makin tinggi jabatan akan makin banyak ujian yang menguras emosi. Dan emosi di sini nggak selalu emosi berupa amarah tapi juga rasa gugup, khawatir, dan emosi-emosi negatif lainnya. Dan tentunya dampak dari ketidakstabilan emosi seorang kepala divisi akan jauh lebih besar daripada saat kita masih berada di level sebelumnya.


Pekerjaan teknis seorang kepala divisi itu tidak semerta-merta langsung jauh lebih sulit pasca promosi mengingat porsi pekerjaan rutin harian justru berkurang setelah menjadi kepala divisi. Tantangan terbesar justru datang dari hal-hal nonteknis seperti people management, problem solving, dan decision making sehingga dua hal yang saya sebutkan di atas akan sangat berperan besar.


Oleh: Riffa Sancati, Entrepreneur I The Lens Story | Cerita Media I Book Author - The Little Handbook for Big Career


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close