10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya dibutuhkan di Masa Depan


10 JURUSAN KULIAH YANG LULUSANNYA DIBUTUHKAN DI MASA DEPAN


FORDIASI.COM | DUNIA KERJA - Menjelang masuk universitas, siswa Kelas 12 yang lulus tahun ini perlu tahu tentang jurusan universitas.

Ya, menentukan jurusan universitas mana yang akan dipilih sangat penting karena akan berdampak pada masa depan. Karena itu, jangan biarkan diri Anda menyesalinya di kemudian hari karena Anda mengambil karier yang salah.


Saat memilih spesialisasi, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti minat, bakat, dan perspektif spesialisasi yang akan Anda pilih.


Di masa depan, ada beberapa gelar universitas yang akan selalu diperlukan. Setidaknya ada 10 balapan yang akan selalu dibutuhkan di masa depan. Penasaran seperti apa spesialisasinya? Yuk simak informasinya berikut ini.


1. Ilmu komunikasi



Padahal, komunikasi merupakan faktor yang sangat penting dalam menopang perkembangan zaman dan dalam kehidupan sehari-hari. Di masa depan, keterampilan komunikasi akan dibutuhkan untuk mengisi berbagai posisi, seperti pemasaran, berbicara di depan umum, dan jurnalisme.


2. Desain komunikasi visual


Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat seseorang yang terampil dan kreatif dalam dunia desain sangat dibutuhkan. Terbukti dengan adanya metaverse dan nft yang sedang hangat dibicarakan.


Selanjutnya, kedepannya akan ada beberapa bidang perusahaan yang membutuhkan ide-ide kreatif dari lulusan DKV ini.


3. Manajemen bisnis



Mahasiswa jurusan administrasi bisnis dapat bekerja sebagai pengembangan bisnis, manajer proyek, atau menciptakan pekerjaan sendiri. Prospek jurusan manajemen ini sangat menjanjikan karena hampir semua sektor industri sangat membutuhkannya saat ini dan di masa yang akan datang.


4. Teknik Komputer



Perkembangan dunia IT dan ilmu komputer yang akan terus berkembang membuat lulusan IT sangat dicari oleh berbagai perusahaan untuk manajemen sistem IT.


Selain itu, Indonesia adalah salah satu pengguna aplikasi seluler paling aktif di dunia, bersama dengan China dan Korea Selatan. Hal ini tentunya akan membuat lulusan teknik komputer sangat dibutuhkan di masa yang akan datang.

$ads={1}


5. Psikologi



Hingga saat ini, Jurusan Psikologi menjadi favorit di kalangan calon mahasiswa baru. Juga, baru-baru ini orang semakin peduli tentang masalah kesehatan mental. Artinya, peluang karir lulusan psikologi sangat besar di masa depan.


6. Sastra/Bahasa Asing


Semakin banyak pekerjaan yang mengkhususkan diri dalam bahasa asing, seperti penerjemah, akan meningkatkan prospek spesialisasi ini di masa depan.


Siapa tahu bisa bekerja sebagai perwakilan Indonesia di negara lain atau menjadi content creator yang bisa mengajar bahasa asing.


7. Obat/Apotek/Perawat


Tidak dapat disangkal bahwa lulusan karir kesehatan seperti kedokteran, farmasi dan keperawatan akan sangat diperlukan di masa depan.


Pasalnya, meski dari sudut pandang bisnis, kesehatan adalah bisnis yang tidak akan pernah mati karena kita semua membutuhkan kesehatan. Dengan demikian, lulusan di bidang kesehatan akan sangat diperlukan di masa depan.


Baca Juga: Bolehkah Melamar Pekerjaan tidak Sesuai Pendidikan? Begini Penjelasannya...


8. Rekayasa robotika dan kecerdasan buatan (AI)



Tahukah Anda bahwa prediksi mengatakan bahwa teknologi robotika akan menggantikan 56% tenaga kerja global? Dengan demikian, lulusan robotika dan kecerdasan buatan akan banyak diminati untuk menciptakan dan mengendalikan mesin dan robot masa depan.


9. Pendidikan


Sektor pendidikan selalu menjadi sektor yang sangat penting dari waktu ke waktu. Tentu saja, lulusan sarjana pendidikan akan dibutuhkan sekarang dan di masa depan. Ada banyak cabang pendidikan yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah PGSD.


10. Hukum


Mengingat Indonesia adalah negara hukum dan setiap jalur kehidupan memiliki hukumnya sendiri, maka lulusan sekolah hukum akan dibutuhkan di masa depan dan tidak abadi.


Jadi 10 karir yang akan selalu dibutuhkan di masa depan. Semoga informasi ini dapat menambah pemahaman Anda saat memilih jurusan kuliah, khususnya jurusan yang sesuai dengan perkembangan zaman.


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama