Alasan Perusahaan Merekrut Leader dari Luar bukan Promosi kepada Karyawan


ALASAN PERUSAHAAN REKRUT LEADER DARI LUAR BUKAN PROMOSI KEPADA KARYAWAN


FORDIASI.COM | DUNIA KERJA - Perkara ini mungkin sering ditanya dan dikeluhkan oleh karyawan di level staf. Kenapa yang telah bekerja sebagai staff bertahun-tahun, namun ketika ingin mencari leader harus mencari di luar? padahal jika secara "rules/job desc" dapat dikerjakan.


Riffa Sancati melalui laman linkedinnya membagikan " Alasan Perusahaan Rekrut Leader dari Luar bukan Promosi kepada Karyawan ". selengkapnya, yuk disimak tulisannya di bawah ini :


Kenapa ada kalanya perusahaan malah rekrut leader baru dari luar alih-alih memberikan promosi kepada karyawan yang sudah lama kerja di sana?


Jawabannya sederhana: karena belum ada karyawan lama yang dinilai siap untuk mendapatkan promosi.


Kesiapan itu tidak diukur hanya berdasarkan masa kerja. Ingat bahwa promosi itu bukan hanya soal gaji lebih besar tapi juga tanggung jawab yang jauh lebih besar.

$ads={1}


Khusus untuk promosi ke level manajerial ke atas, persyaratan wajib untuk promosi sudah bukan lagi sekadar hal-hal yang bersifat teknis. Kemampuan memimpin dan kemampuan public speaking yang baik seringkali menjadi syarat wajib untuk posisi yang lebih strategis.


Jangan pula dengan entengnya menganggap, “Saya bisa kok langsung belajar mimpin tim dan belajar public speaking setelah nanti jadi manajer!”


Faktanya dua skills itu tidak bisa dipelajari dalam waktu singkat. Kasihan perusahaan kalau manajernya nggak bisa memimpin tim dan nggak bisa public speaking.


Sampai sini mungkin ada yang berpikiran, “Tapi bukankah itu tanggung jawab perusahaan untuk mengembangkan skills karyawannya?”


Iya memang betul. Tapi sayangnya tidak semua karyawan memanfaatkan upaya pengembangan karyawan yang diberikan perusahaan dengan baik. Ibaratnya sama seperti tidak semua mahasiswa jadi lebih pintar setelah lulus kuliah.


Masing-masing posisi tentu ada persyaratannya dan nggak bisa sembarangan. Jadi jika ingin dapat promosi, penuhi dulu persyaratannya dan jangan menuntut promosi di saat Anda belum cukup kompeten untuk mendapatkannya. Skills penting seperti leadership dan public speaking bisa dipelajari sejak entry level. Belajar dulu, promosi kemudian.


Oleh: Riffa Sancati, Entrepreneur I The Lens Story | Cerita Media I Book Author - The Little Handbook for Big Career


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close