Asal Muasal Ayam Betet dari Jenis dan Kelebihannya


ASAL MUASAL AYAM BETET DARI JENIS DAN KELEBIHANNYA


FORDIASI.COM | FLORA & FAUNA - Kali ini kita akan membahas mengenai ayam Betet khas tajen, Bali. 


Bagi para pecinta ayam tidak asing lagi dengan jenis ayam ini. Ayam betet lebih dikenal dengan ayam aduan. Biasanya ayam aduan jenis ini digunakan untuk bertanding di arena. Namun, di Indonesia, masyarakat nusantara lebih tertarik padanya. Karena ayam ini biasanya digunakan untuk beternak sapi hingga dijual dan dibeli oleh masyarakat nusantara.

$ads={1}


Ayam Betet berasal dari Bali, ayam Betet di pelihara bukan hanya untuk sabung ayam saja, melainkan ada juga yang dijadikan hiasan dirumah, namun kebanyakan buat sajen (sabung ayam).


Ayam Betet juga memiliki gaya tarung yang gesit dan lincah, pukulan yang bertubi tubi saat bertarung dan memiliki mental bertarung yang baik. Oleh sebab itu, ayam ini di jadikan sebagai ayam tajen di Bali.


Sejak jaman Majapahit tajen ini pun sudah ada di bali dan sampe sekarang pun masih ada.'tajen' sendiri pun memiliki arti yaitu 'Taji' yang berarti ayam ini di khususkan sebagai ayam pemukul menggunakan taji.


Namun pada jaman dahulu bukan memakai nama 'tajen' tetapi 'menetak gulu ayam'yang umumnya di lakukan memperingati atau menyongsong butha yad yang biasa di ucap dengan lontar.

$ads={2}


Ayam Betet ini memiliki mental yang bagus dan tidak pandang buluh dalam menghadapi lawannya,mau besar mau kecil tetap berani dia.hanya saja kelemahan ayam ini memiliki tubuh yang kecil,dalam bertarungnya cuma membutuhkan waktu 1 sampai 2 menit saja sudah dapat menghabisi lawannya.


Demikian pembahasan mengenai " Asal Muasal Ayam Betet dari Jenis dan Kelebihannya "


Semoga bermanfaat


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close