Asal Muasal Ayam Ganoi dari Jenis, Ciri-ciri dan Kelebihannya


ASAL MUASAL AYAM GANOI DARI JENIS, CIRI-CIRI DAN KELEBIHANNYA


FORDIASI.COM | FLORA & FAUNA - Ayam ganoi ialah ayam aduan yang mempunyai karakteristik wujud seperti saigon. Apakah ganoi & saigon itu sama? Supaya tidak salah faham yang semakin melebar, yuk kita bersama mempelajarinya dengan cara detailnya. Meski ganoi tidak sepopuler pama & pakhoy, tetapi terdapat manfaatnya bila membahas lebih dalam lagi.


Bersumber pada data kita telusuri kalau asal dari ayam ganoi sebagai unggas asli dari Vietnam. Perihal ini sebab tidak ada fakta kongkrit terkait silsilahnya baik secara organisasi maupun dari negara lainnya.


Tidak hanya perihal itu, unggas laga satu ini dipercayai keberadaannya telah ada sejak 700 tahun lalu di negeri Vietnam yang mana kala akhir- akhir ini kembali marak dijagad maya & penghobi ayam. Apalagi unggas petarung itu telah terpencar diberbagai negeri di Asean salah satunya Indonesia, Malaysia& Thailand.


Sejarah Ayam Ganoi

Asal usul Ayam Ganoi


Asal usul ayam ganoi menurut informasi yang kita kembangkan bahwsanya tidak diketahui dengan jelas. Perihal ini tidak lepas dari minimnya dokumentasi & pelestarian yang betul- betul asli.


Salah satu faktornya sebab terdapatnya perang kerabat sepanjang 30 tahun yang selesai di tahun 1975 dengan kematian jutaan & kehancuran seluruh negerinya lebih karena kontribusi kurangnya informasi.


Di negara Vietnam, sabung ayam telah jadi adat- istiadat yang menempel sedemikian itu lama untuk masyarakatnya sampai saat ini & kembali terkenal kurang lebih ya 700- an tahun lalu. Keyakinan jika Ganoi ialah ras asli dari Vietnam karna tidak ada yang mengakui kecuali Vietnam.


Kehebatan & karakteristik ganoi akhirnya terus menyebar hingga ke penghobi lain di negeri yang berkeinginan meminangnya meski dalam 1 benua ialah Thailand, Malaysia & Indonesia kurang lebih beberapa dekade terakhir.


Bagi Vuong Hong Sen yang ialah pengarang sangat dihormati menggambarkan cerita sabung ayam di tahun 1915 dalam bukunya yang bertajuk“ Phong Luu Cu Moi” yang diterbitkan pada 1961. Beliau membagikan arti lain dari kata“ NOI” yakni:


- Ras


- Garis keturunan atau Line


- Sebuah pembedaan keturunan


- Merupakan keaslian berkembang biak seseorang orang ataupun strain


Sebaliknya Ga Don adalah ayam yang memiliki leher tanpa bulu. Biasanya ayam leher sampai kepala pelontos ini mempunyai karakter berkelahi pukul karena taji yang berkembang lumayan pelan apalagi tidak tumbuh sama sekali dan juga kaki yang besar.

$ads={1}


Ciri- Ciri Ayam Ganoi



Supaya sobat fordiasi semakin banyak menambah pengetahuan, betapa bagusnya pula bila mengenali dari karakter lebih detailnya. Contoh dari postur badan, warna bulu & identitas khusus yang lain. Bagaimana karakteristik raga ayam ganoi ori? kurang lebihnya seperti penjelasan dibawah ini:


- Mata kodok


- Kaki bercorak hijau


- Model sisik berpola zigzag


- Suara kokok rendah


- Tubuh cukup panjang tegak beroto & dada tebal


- Tulangan badan tebal & besar


- Berat ayam ganoi dewasa antara 2, 8- 5 kg


- Bulu plontos atau tidak tumbuh dibagian khusus semacam leher, kepala, paha & cirinya bulunya kering getas ataupun gampang patah


- Kulit yang tidak ditumbuhi bulunya terus menjadi lama berganti kemerahan


- Taji susah panjang tetapi besar


- Model ekor pendek rapat & lumayan tebal tetapi terdapat tipe Ma Chi yan ekor panjang namun melengkung


- Warna bulunya amat khas & intens salah satunya gelap kombinasi rawis merah serta kelabu ketek.


- Daging tebal, bila dimasak memerlukan durasi yang lama & pada saat matang juga lumayan susah mengunyahnya.


Gaya Tarung Ayam Ganoi



Bersinambung ke ulasan berikutnya ialah dari gaya berkelahi ayam ganoi. Bisa jadi untuk beberapa besar penghobi & peternak telah mengetahui bagaimana teknik bertarung dari ayam Ganoi. Tetapi kita berikan informasi yang lainnya agar dapat memahami bagaimana karakteristik khas ganoi dalam bertanding.

$ads={2}


- Mempunyai mental keberainan yang besar menantang & keahlian mengalami lawannya.


- Gaya berkelahi yang lain ialah agresif menyerang dengan meneyertakan pukulan keras & lebih tidak sering ke posisi bertahan.


- Energi kuat & tahan lama dengan berbagai rival dari beraneka ragam tipe ayam pertarungan lainnya


- Tahan akan pukul sudah tidak diragukan sebab notabenya fisiknya besar & tebal dari kulit serta postur tulangannya.


- Jadi dengan terdapatnya uraian diatas ini paling tidak menambahkan wawasan yang baru buat kita semua. Dengan begitu pula baguslah apabila dijadikan materi breeding sobat fordiasi.


Kelebihan & Kelemahan Ayam Ganoi



Sebagai strain ayam pertarungan ayam ganoi luar biasa ataupun yang masih ori pula memiliki sebagian keunikan kala berkelahi. Terkait masalah fisik sobat fordiasi telah membaca diatas kan. Nah dengan dari keunggulan yang lain yang belum diketahui, kamu harus paham yah. penasaran bagaimana kelebihan dan kelemahan Ayam Ganoi? yuk simak pemaparannya dibawah ini:


- Berhati- hati kala menyerang & bertahan menghalau musuh


- Mempunyai karakteristik fisik yang besar dilengkapi kulit tebal


- Sulit ditumbangkan lawan


- Amat agresif dengan mental baja


- Akurasi hantaman amat kuat & keras menyakitkan lawan


- Secara postur kaki rapat dengan paha yang besar berotot


Tetapi tidak hanya perihal diatas kita pula merangkum dari faktor kekurangan ataupun yang dapat disebut pula kelemahannya. Biar tidak simpang siur sebab informasi katanya dan katanya. Inilah jawaban versi fordiasi terkait kelemahan ayam ganoi:


- Bulunya gampang rapuh & patah sebab kering & karakternya kaku


- Sangat besar & berat alhasil pengaruhi dari serbuan, ketepatan bogem mentah & kecekatan taktiknya


- Berat yang lumayan besar membuat ayam saigon pergerakan menyerangnya kurang maksimum ataupun lambat


- Pada saat pertama kali berkelahi terlihat ayam bodoh yang main dengan temannya ialah meloncat- loncat saja.


- Kurang fokus mencermati musuhnya


- Napas & energi kerap kali drop sebab keagresifannya.


- Kerap menyangka lawannya sebagai teman walhasil gampang terserang bogem mentah lawannya.


Nah seperti itu sedikit uraian dari kita terkait keistimewaan & kekurangan ayam saigon perpektif kita. Bila ada beberapa hal informasi yang kurang ataupun salah, mohon untuk tulis komentar ya supaya kita dapat mengevaluasinya.


Perbedaan Ayam Ganoi & Saigon


Tidak hanya ayam ganoi nyatanya terdapat strain lain yang bernama ayam saigon dengan karakteristik fisik nyaris serupa. Apalagi dapat dibilang kembar tetapi untuk yang telah mengerti tentu amat mengenali kedua ayam itu. Biar lebih mengerti detail- detailnya inilah perbedaannya:


Ayam Ganoi


Jika dikaitkan nyatanya keduanya betul- betul mirip sekilas mata & nyata amat susah melainkan untuk penghobi yang biasa. Salah satunya yakni sebab bulu yang tumbuh tidak menyeluruh ataupun beberapa terdapat yang tidak ditumbuhi bulu ialah leher & kepalanya.


Pembeda berikutnya sebab ganoi ada dibagian mata yang lumayan mencolok & besar seperti mata kodok. Karakteristik fisik yang lain ialah pada warna kaki & sisiknya bermotif hijau kehitam- hitaman. Perbedaan yang lain ayam ganoi disisi kepala ada bulu yang tumbuh jadi tidak gundul seluruhnya.


Sebaliknya kala diarena peperangan ayam ganoi lebih memahami perlombaan & tenaga lebih kuat dari saigon. Apalagi metode berkelahi ganoi senjata umatanya kaki & tajinya walaupun amat lama tumbuh panjangnya.


Secara karakter ayam ganoi lebih bingas & agresif dibanding strain saigon. Bersumber pada data jika kedua ayam itu berlainan asal- usulnya ganoi vietnam & saigon madagaskar.


Ayam Saigon


Postur ayam ganoi memanglah pula besar & kuat dilengkapi pula bentuk tulang tebal & bundar tetapi padat. Sehingga dari itu ia seringakali diketahui sebagai ayam laga tendangan maut super mematikan disebabkan kemampuannya bagus menyerang & bertahannya.


Akan tetapi kelemahannya ialah tidak dapat bertahan lama pada saat beradu. Tidak hanya aspek tubuh yang besar pengaruhi dari speed & tekniknya. Berlandaskan uji coba pertarungan dengan ganoi saigon cuma sanggup bertahan 2 ronde saja telah kehilangan staminanya.


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close