Beli Emas Fisik di Online Lebih Mudah dan Menguntungkan


BELI EMAS FISIK DI ONLINE LEBIH MUDAH DAN MENGUNTUNGKAN


FORDIASI.COM | BISNIS - Berinvestasi emas sudah lama menjadi pilihan banyak orang karena nilainya bisa bertahan atau bahkan meningkat di saat gejolak pasar. Di masa lalu, orang-orang biasanya membeli emas fisik/ emas batangan yang kemudian disimpan sebagai investasi & akan dijual ketika harga emas tersebut naik di masa depan. Karena disaat itu, emas merupakan salah satu investasi jangka panjang yang memiliki prospek yang baik.


Tapi saat kita memasuki era digital seperti saat ini, investasi emas mulai tumbuh &berkembang. Kini masyarakat tidak perlu repot lagi untuk datang & membeli emas fisik dari toko emas, hanya melalui merchant yang menjual emas fisik, melalui platform trading digital ataupun toko Online bisa membeli emas untuk investasi.


Wakil Presiden Keanggotaan ICDX Yohanes F. Silaen menjelaskan, di Indonesia sendiri, pemerintah telah mengatur jenis perdagangan ini melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 119 Tahun 2018 tentang Kebijakan Umum Perdagangan di Pasar Fisik. .


"Kegiatan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka merupakan kegiatan terorganisir untuk transaksi fisik emas yang menggunakan sarana elektronik & difasilitasi oleh Bursa Berjangka atau platform digital yang dimiliki pedagang," tuturnya dalam keterangan tertulis, Minggu (16/1/2022).

$ads={1}

Yohanes menjelaskan, pertama-tama kualitas tanda tangan yang dinegosiasikan akan diuji. Saldo emas fisik kemudian akan dilaporkan ke clearinghouse untuk memastikan bahwa jumlah emas yang diperdagangkan sesuai dengan jumlah fisik.


"Proses tersebut diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat dalam transaksi emas digital," tambahnya.


Terkait pasar fisik emas digital, dalam pelaksanaannya BAPPEBTI Kementerian Perdagangan telah menerbitkan Peraturan BAPPEBTI Nomor 4 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka. Melalui peraturan ini, BAPPEBTI mewajibkan para pedagang emas fisik melalui platform digital untuk mendaftar ke Bursa Komoditi & Derivatif Indonesia (BEI) yang telah memperoleh izin dari BAPPEBTI selaku penyelenggara Pasar Emas Fisik Digital.


Saat berdagang di Bursa Berjangka, pedagang emas digital harus menempatkan setidaknya 10kg emas fisik dengan pengelola escrow yang ditunjuk sebelum emas dapat diperdagangkan. Hal ini untuk memastikan jika nantinya pembeli ingin menarik fisik emas yang dibeli, maka barang tersedia.

$ads={2}


Kira-kira, Apakah sobat fordiasi telah berinvestasi emas digital ini? kalau misalkan ingin investasi di platform mana sobat?


Tetap perhatikan tempat kamu membeli emas yah! jangan tergiur dengan harga yang murah & tetap perhatikan harga pasaran situs resmi milik pemerintah www.logammulia.com


Semoga bermanfaat


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close