Cara Mencegah dan Mengatasi akun Whatsapp yang di Hack


CARA MENCEGAH DAN MENGATASI AKUN WHATSAPP YANG DI HACK


FORDIASI.COM | APLIKASI - WhatsApp adalah aplikasi jejaring sosial yang berfungsi sebagai alternatif panggilan telepon dan SMS tradisional. Dan semuanya gratis, dimiliki oleh Facebook, dan menawarkan banyak fitur yang disukai penggunanya, contohnya adalah panggilan internasional berbasis internet gratis dan enkripsi end to end.


Faktanya, WhatsApp adalah salah satu media paling populer, dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna yang mengirim 60 miliar pesan setiap hari.


Pada Mei 2019, WhatsApp mengungkapkan kerentanan dalam sistemnya yang memungkinkan peretas mengakses tidak hanya profil pengguna, tetapi semua ponsel mereka. Spyware diyakini memiliki target yang dituju, dan untungnya, WhatsApp mampu merespons dengan cepat dan mengembangkan pembaruan untuk melindungi penggunanya.


Bagaimana melindungi akun WhatsApp Anda?


Jika Anda menggunakan aplikasi WhatsApp, pastikan Anda telah menginstal pembaruan terbaru. Tetapi ada juga langkah-langkah lain yang dapat Anda ambil untuk melindungi akun WhatsApp Anda.


Gunakan aplikasi kunci: WhatsApp belum memiliki fitur kunci, tetapi Anda dapat menggunakan aplikasi kunci pihak ketiga untuk melindungi akun WhatsApp Anda. Unduh aplikasi kunci yang ada, atur pola untuk membuka kunci layar WhatsApp Anda, dan Anda akan selangkah lebih maju dari para peretas.


Baca Juga: WhatsApp Mod: Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan


Selalu keluar dari akun WhatsApp Anda – Baik Anda menggunakan WhatsApp web atau WhatsApp Mobile, pastikan juga untuk selalu keluar dari aplikasi setelah Anda selesai menggunakannya. Ini adalah rutinitas yang harus Anda ketahui agar WhatsApp mengirimkan notifikasi setiap kali ada orang yang ingin login dengan akun WhatsApp tersebut. Jika Anda selalu keluar setelah menggunakan WhatsApp, Anda akan diberi tahu jika orang lain selain Anda menggunakan akun WhatsApp.


Otentikasi Dua Faktor: Anda harus terbiasa dengan tindakan keamanan ini. Sangat direkomendasikan untuk semua jenis akun, tidak terkecuali akun WhatsApp. Aplikasi WhatsApp sudah menggunakan enkripsi end-to-end, jadi ini akan melindungi akun WhatsApp. Dengan autentikasi dua faktor, tembok tangguh dibuat bagi peretas untuk mengakses data Anda.

$ads={1}


Apakah akun WhatsApp Anda diretas?


Beberapa dari kita pasti telah mengambil beberapa langkah keamanan untuk melindungi akun WhatsApp pribadi kita. Namun sayang sekali, nyatanya tidak ada akun yang 100% aman dari hacker.


Jika Anda bertanya-tanya dan curiga jika akun WhatsApp Anda telah diretas, berikut adalah beberapa tanda yang harus Anda ketahui.


Tidak dapat masuk: Sebenarnya aplikasi WhatsApp tidak dapat digunakan di lebih dari satu perangkat secara bersamaan. Jadi jika Anda mengalami kesulitan login ke akun Anda atau tidak dapat melakukan panggilan, kemungkinan ada orang lain yang menggunakan akun WhatsApp.


Periksa WhatsApp Web: WhatsApp Web adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengobrol dari browser mereka. Ini adalah fitur hebat, tetapi sayangnya, peretas dapat memperoleh akses ke Web WhatsApp Anda dan melihat log dan status obrolan Anda. Tidak akan ada tanda yang jelas bahwa seseorang telah meretas WhatsApp Web.


Jadi, inilah cara Anda untuk mengetahuinya. Buka aplikasi dan klik menu. Pilih "WhatsApp Web" di mana Anda dapat memeriksa perangkat mana yang memiliki akses ke akun WhatsApp Anda. Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan, kemungkinan akun WhatsApp Anda telah diretas.


WhatsApp adalah aplikasi hebat yang memudahkan kita untuk berkomunikasi secara global, tetap berhubungan dengan keluarga dan teman, serta bekerja dengan klien dan bisnis lainnya. Sayangnya, para peretas atau peretas komputer ini bisa menjadi masalah yang sangat merepotkan.


Kami harap Anda telah mengambil langkah yang tepat untuk melindungi ponsel pintar dan akun WhatsApp Anda, tetapi jika akun WhatsApp Anda telah diretas, pantau terus blog kami tentang cara mendapatkan kembali akses ke akun WhatsApp Anda.


Baca Juga: Fouad WhatsApp: Definisi, Fitur Terbarunya dan Cara Menginstal


Cara Mengatasi/Memulihkan Akun WhatApp yang di Hack


Copot pemasangan (Uninstal) lalu instal Aplikasi WhatsApp kembali




Jika akun WhatsApp diretas, jangan terlalu panik. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menginstal ulang aplikasi. Ini dilakukan agar Anda dapat memulihkan akun yang diretas. Beberapa langkah untuk menginstal ulang antara lain:


  • Copot pemasangan aplikasi WhatsApp di ponsel cerdas Anda.
  • Kemudian instal ulang dengan mengunduhnya melalui Play Store atau App Store.
  • Masuk ke akun WhatsApp Anda
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan
  • Jika Anda diminta untuk memasukkan PIN verifikasi, Anda dapat memasukkannya.
  • Ketika Anda berhasil masuk, akun yang sebelumnya diretas akan otomatis keluar dari perangkat peretas karena WhatsApp hanya dapat digunakan di satu akun.

Laporkan hal-hal ke WhatsApp jika akun tidak dipulihkan



Jika ternyata langkah instal ulang yang Anda lakukan tidak berhasil, Anda bisa langsung melaporkan kasus tersebut ke WhatsApp. Dengan begitu, WhatsApp akan mengetahui bahwa orang lain sedang mengakses akun Anda tanpa izin Anda. Anda dapat melaporkan masalah dengan menghubunginya melalui email support@whatsapp.com.

$ads={2}


Harap membuat laporan kehilangan termasuk 'Hilang/Dicuri' di baris subjek email. Kemudian, untuk badan email Anda, Anda bisa menjelaskan pernyataan untuk menonaktifkan akun WhatsApp Anda. Gunakan bahasa Inggris agar WhatsApp dapat segera membalas email dengan cepat. Penonaktifan ini secara tidak langsung menghapus akun WhatsApp sehingga peretas akun tidak dapat mengaksesnya.


Tanpa ragu, cara ini jauh lebih aman daripada membiarkan akun di tangan orang yang tidak bertanggung jawab.


Aktifkan kembali akun WhatsApp



Setelah akun WhatsApp Anda berhasil dinonaktifkan, silakan aktifkan kembali akun WhatsApp dengan nomor yang sama tetapi akun email yang berbeda. Kirim permintaan email yang sama seperti di atas. Selanjutnya, WhatsApp akan memberikan kode enam digit yang dimasukkan dalam proses pendaftaran. Setelah itu, pastikan keamanan akun dengan berbagai cara yang disediakan oleh WhatsApp.


Jadikan akun WhatsApp lebih Aman



Setelah akun WhatsApp Anda kembali, ada baiknya untuk belajar dari pengalaman dengan menerapkan perlindungan yang lebih aman. Dengan begitu, Anda dapat menghindari masalah peretasan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah peretasan akun WhatsApp:


  • Jangan pernah memberitahukan atau membagikan kode OTP kepada orang lain.
  • Aktifkan fitur verifikasi dua langkah di menu Pengaturan sehingga Anda diharuskan memasukkan PIN enam digit secara berkala untuk masuk.
  • Periksa perangkat mana yang terdaftar di Web WhatsApp Anda untuk segera logout saat perangkat tidak dikenali.
  • Lebih baik untuk mencegah akses ke WhatsApp ketika Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi publik.
  • Jangan pernah membuka tautan yang mencurigakan, terutama dari kontak yang tidak dikenal.


Nah, itulah beberapa cara untuk mengantisipasi dan mengembalikan akun WhatsApp yang diretas dengan mudah. Biasakan untuk tidak panik terlebih dahulu saat hal ini terjadi karena ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan. Sistem keamanan smartphone memang menjadi hal penting yang perlu diperhatikan.


Selain itu, saat ini kejahatan dunia maya semakin marak dan memakan banyak korban. Oleh karena itu, pilihlah smartphone yang dilengkapi dengan sistem keamanan terbaik.


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close