Cara Menggunakan Jasa Konsultan Perusahaan yang Benar


CARA MENGGUNAKAN JASA KONSULTAN PERUSAHAAN YANG BENAR


FORDIASI.COM | DUNIA KERJA - Tidak semua perusahaan memiliki karyawan disetiap posisi. Contohnya seperti perusahaan kecil, kebanyakan mereka menggunakan jasa konsultan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan seperti konsultan bisnis, pajak dan lain-lain.


Riffa Sancati melalui laman linkedinnya membagikan informasi mengenai " Cara Menggunakan Jasa Konsultan Perusahaan yang Benar ". selengkapnya, yuk disimak tulisannya di bawah ini :

$ads={1}


Jika perusahaan Anda menggunakan jasa konsultan, jadikanlah mereka sebagai mentor dan bukan hanya sekadar eksekutor.


Saya masih sering menjumpai pengguna jasa konsultan yang menyerahkan segala-galanya kepada konsultan yang mereka tunjuk. Mulai dari strategi hingga eksekusi, pihak klien maunya hanya terima beres saja.


Disadari atau tidak, kebiasaan itu bisa membuat perusahaan Anda terus ketergantungan pada konsultan ybs. Padahal menggunakan jasa konsultan itu harusnya bersifat temporer hingga waktu di mana Anda bisa berdiri sendiri. Fungsi utama mereka adalah untuk memberikan arahan pada saat perusahaan baru memulai bisnisnya atau baru mengalami perubahan yang cukup besar.


Itulah sebabnya tiap kali ada perusahaan yang meminta bantuan konsultasi dari saya, saya selalu menekankan pada klien bahwa keberadaan saya di sana sifatnya hanya sementara. Jika suatu saat bisnis-bisnis saya sudah menyita 100% waktu saya, tentu saya akan memilih untuk fokus pada perusahaan saya sendiri.


Jadikan konsultan Anda sebagai mentor. Belajar dari mereka, coba pahami kerangka berpikir mereka, dan perhatikan baik-baik langkah demi langkah yang mereka implementasikan. Ilmu seperti itu yang sebetulnya membuat jasa konsultan menjadi mahal. Jadi jangan disia-siakan!


Sebaliknya untuk para konsultan juga jangan pelit ilmu. Konsultan yang all out dalam memberikan advice justru akan mendorong klien untuk mempromosikan jasa konsultan yang mereka tunjuk kepada orang-orang yang ada di dalam network mereka.


Work together and learn how to be better on your own! That’s what consultancy is all about!

$ads={2}

Tuh sobat Fordiasi... apa yang disampaikan oleh sis Riffa ada benarnya loh. Jadi buat sobat yang baru memulai bisnis atau yang sudah berjalan ingin mencari konsultan bisnis, ikuti saran dari sis Riffa yah!


Semoga informasi ini bermanfaat.


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama