Rangkuman Wawancara Shin Tae-Yong di Podcast Deddy Corbuzier


RANGKUMAN WAWANCARA SHIN TAE-YONG DI PODCAST DEDDY CORBUZIER


NEWS | SEPAK BOLA - Shin Tae-Yong atau yang kerap disapa Coach Shin hadir sebagai bintang tamu di Podcast Corbuzier yang diunggah pada Selasa (11/01/2022) melalui kanal Youtube Deddy Corbuzier. Deddy bertanya banyak hal mengenai sepak bola maupun di luar sepak bola kepada Coach Shin. 


Tim Fordiasi telah merangkum beberapa pertanyaan dan jawaban Deddy Corbuzier dengan Coach Shin Tae-Yong. Yuk simak selengkapnya di bawah ini:


Kenapa Memilih Melatih Indonesia?


Deddy Corbuzier bertanya mengenai 'Kenapa Memilih Melatih Indonesia?'


Seperti yang dijelaskan oleh Jeje sebagai penerjemah Coach Shin Taeyong, bahwa sebenarnya Coach Shin mendapatkan penawaran untuk melatih salah satu klub di China. disaat yang bersamaan Ratu Tisha sebagai perwakilan dari PSSI menghubungi Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA) atas minatnya menggait Shin Tae-Yong sebagai Pelatih Timnas Indonesia.


Jika melihat dari sisi nominal 'gaji' yang didapatkan. Shin Tae-Yong mengatakan tawaran dari Klub asal China tersebut nilainya cukup fantastis bahkan jauh dengan Gaji yang ia terima sebagai pelatih timnas Indonesia saat ini.


Alasan Shin Tae-yong memilih Indonesia sebagai tim yang akan dilatihnya, karena Indonesia memiliki masa depan dan perkembangan lebih baik kedepannya, sebab jika ia menjadi pelatih klub di China itu hanya sebatas klub nya saja yang maju.


Baca Juga: Usai Raffi ke Fenerbahce, Wikipedia Tertulis Mesut Ozil Pemain Rans Cilegon FC


Jeleknya dari Pemain Indonesia?


Coach Shin Tae-Yong menjelaskan, bahwa sisi jelek dari pemain Indonesia adalah :


1. Kurang Mental Professional

Coach Shin menjelaskan, mental professional perlu dibentuk didalam diri setiap pemain. Agar permainan yang dilakukan tentunya dapat berjalan dengan baik di lapangan.


2. Pola Makan

Pola makan yang tidak diatur dengan baik menyebabkan para pemain cepat lelah dan berdampak pada performa di lapangan, oleh sebab itu coach shin memberitahu kepada para pemain agar lebih banyak makan-makanan berprotein. Coach shin juga bertekad untuk mengubah pola makan para pemain agar lebih baik.


3. Weight Training 

Coach Shin Tae-yong juga menganjurkan kepada para pemain untuk lebih memaksimalkan Weight Training. Karena ketika bermain di lapangan para pemain pasti akan mengalami benturan/bodi dengan lawan. Hal ini demi menguatkan fisik para pemain agar tidak mudah jatuh dan menghindari Cidera yang tidak diinginkan.


Coach Shin berharap para pemain agar dapat sadar betapa pentingnya memperhatikan segala aspek yang dapat mengembangkan permainan, skill dan stamina mereka di lapangan. Tentunya hal ini demi kemajuan para pemain itu sendiri, terutama untuk persepakbolaan Indonesia.


Apakah Sepak Bola Indonesia Dapat Lebih Maju?


Coach Shin mengatakan Indonesia akan menjadi lebih baik dan bisa menang disetiap pertandingan ke depannya.


Apa Hal yang Bagus dari Pemain Sepak Bola Indonesia?


Hal yang bagus dari Pemain Indonesia adalah Keinginan dan kerja Keras. Menurut Shin Tae-yong saat ini belum ada power yang maksimal dari para pemain Indonesia sehingga tidak bisa mengeluarkan kemampuan para pemain sesungguhnya.

$ads={1}


Shin Tae-yong juga berharap agar Organisasi harus diperbaiki terlebih dahulu, terutama dari Liga nya itu sendiri. Setelah itu barulah para pemain akan lebih terlihat kepawaiannya di Lapangan secara maksimal.


Apa Target untuk AFF U-23?


Untuk Target yang diharapkan pada turnamen AFF U-23 adalah Juara. Namun saat ini Elkan, Egy, Asnawi, Witan Sulaiman mereka tidak dapat memperkuat tim karena sedang fokus pada masing-masing klubnya dan Turnament ini tidak masuk dalam dalam kalender FIFA. 

Oleh sebab itu Coach Shin akan fokus pada Pemain-pemain U-23 yang bermain di Liga Indonesia. Coach shin akan fokus dan mempersiapkan tim ini agar dapat Juara. 


Taktik Shin Tae-Yong dari Belajar atau Sekolah?


Seperti yang dijelaskan Jeje, Taktik yang diterapkan dan dipelajari oleh Shin Tae-Yong dengan belajar dan menganalisa melalui Liga Inggris dan liga sepak bola lainnya. terkadang ia pergi keluar negeri seperti Spanyol, Jerman dan Inggris untuk menonton pertandingan dan latihan mereka untuk mengambil apa yang ia lihat lalu di implementasikan di klub yang ia tangani.


Apa Makanan Indonesia yang paling disukai?


Menurut Shin Tae-Yong, makanan yang paling ia sukai adalah SOP IGA. Karena cita rasa Sop Iga hampir mirip dengan Sop yang ia makan di Korea. Coach Shin juga sempat mencoba beberapa makanan seperti Sate, Nasi Goreng dll.


Baca Juga: 45 Pemain Laos dihukum Seumur Hidup Akibat Kasus Match Fixing


Apakah Dapat Bebas Pulang ke Korea?


Coach Shin mengaku tidak dapat pergi pulang kampung sesukanya. Sebab ia mesti mengurus 3 tim sekaligus. Dalam perjanjian kontrak, ia hanya diberikan maksimal 2 kali pulang ke kampung halaman dalam kurun waktu 1 tahun. Ia juga mengatakan bahwa menyukai suasana di Bali, bahkan ia berkeinginan untuk menetap tinggal di kota dewata tersebut.


Apakah Betah Tinggal di Cuaca yang Panas seperti di Indonesia?


Dalam keterangannya, Sebenarnya coach shin lebih senang dengan cuaca panas, ia tidak suka dengan udara dingin. Jadi untuk masalah adaptasi tidak ada masalah baginya.

$ads={2}


Apa yang sedang dipersiapkan untuk Event selanjutnya?


Memang untuk event selanjutnya adalah AFF-U23 dengan target juara. Namun Coach Shin lebih memfokuskan pada event Sea Games pada Bulan mei mendatang.


Siapa Pemain Kesayangan di Timnas?

Menurut Shin Tae-yong, pemain kesayangan ia adalah yang terpilih ke dalam skuad Garuda.


Kalau kontrak habis dan ada tawaran dari negara lain apakah akan pergi dari Indonesia?


Kalau untuk hal itu, Shin Tae-Yong belum kepikiran. Ia mengatakan bahwa untuk memajukkan sepak bola, sistem usia dini itu sangat penting sekali jadi coach shin sangat-sangat mempertimbangkan dan memikirkan terus bagaimana bisa mengembangkan sepak bola usia dini.


Apa Harapan untuk Sepak Bola Indonesia?


Jadi ada piala dunia u-20 2023 di indonesia, coach shin berharap dapat berprestasi baik di piala dunia itu. dengan prestasi baik pasti kepercayaan, kemampuan, pengetahuan dan pengalaman akan meningkat, setelah itu para pemain akan berkembang lebih baik. Bukan hanya di asia tenggara saja tapi sampai ke asia mungkin jadi kita bisa bersaing dengan negara-negara asia dan itulah mimpi dan impian serta harapan coach shin tae yong. Coach shin juga meminta tolong kepada para pemain untuk lebih bekerja keras daripada sekarang


Video yang berdurasi 54 menit itu telah ditonton lebih dari 2 Juta orang dalam kurun waktu 3 jam setelah video itu diunggah.


Semoga Sepak Bola Indonesia ditangan Shin Tae-Yong maju yah sob!


(H/S)


Tonton Podcastnya di sini :


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close