Router adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Jenisnya


ROUTER ADALAH: PENGERTIAN, FUNGSI, CARA KERJA DAN JENISNYA


FORDIASI.COM | KOMPUTER - Orang jarang mendengar istilah router, namun bagi orang yang berkecimpung di bidang IT, router sudah tidak asing lagi. Jadi apa itu router?


Apa yang dimaksud dengan router?


Pengertian router adalah perangkat jaringan (perangkat keras/hardware) yang digunakan untuk mengirimkan paket data dari jaringan internet ke tujuan melalui proses routing. Proses routing adalah proses yang meneruskan paket jaringan satu sama lain melalui koneksi jaringan.


Menurut mekanismenya, proses routing dibagi menjadi 2 yaitu direct dan indirect routing. Routing langsung mentransmisikan data dari router melalui IP tanpa melalui host, sedangkan routing tidak langsung mentransmisikan data melalui host terlebih dahulu sebelum mencapai tujuan.


Proses routing terjadi pada lapisan 3, yaitu lapisan jaringan, misalnya Internet Protocol, yang terdiri dari tumpukan protokol OSI (Open System Interconnection) tujuh lapis.


Selain itu, arti router adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan WAN (Wide Area Network) yang luas dan melakukan segmentasi Layer 3 pada LAN.


LAN adalah jaringan komputer yang terbatas pada area tertentu. Misalnya di laboratorium, kampus atau ruangan kecil. Sedangkan WAN merupakan jaringan yang mencakup area yang luas dan umumnya menggunakan fasilitas satelit.

$ads={1}


WAN dan LAN bekerja pada OSI layer 1, 2, dan 3, sehingga router yang digunakan untuk menghubungkan LAN dan WAN harus kompatibel.


Dalam internetwork, salah satu fungsi router adalah menyediakan koneksi ke banyak jaringan kecil di jaringan yang lebih besar. Oleh karena itu, router memiliki kemampuan untuk melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang mungkin memiliki banyak jalur di antara mereka.


Arti router sering disebut dengan switch, meskipun keduanya memiliki istilah yang berbeda. Router adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan LAN dengan LAN lain, sedangkan switch digunakan untuk menghubungkan segmen-segmen jaringan.


Intinya penggunaan switch ini hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk LAN. Jadi, secara ilustratif, router adalah penghubung antar jalur, sedangkan sakelar adalah jalur.


Baca Juga: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Hardware Pada Komputer


Fungsi Router


Dari pembahasan di atas, ada beberapa fungsi router, antara lain:


1. Konektor jaringan

Fungsi utama dari router adalah untuk menghubungkan jaringan internet ke berbagai perangkat. Hal ini dilakukan agar pengguna dapat berbagi paket data internet antar jaringan.


2. Transmisi informasi

Router juga berfungsi untuk mengirimkan informasi dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Hal ini dilakukan dengan cara menghubungkan pola jaringan internet sehingga data dari satu jaringan dapat digunakan oleh jaringan lain.


3. Koneksi jaringan ke DSL

Fungsi ketiga dari router adalah untuk menghubungkan jaringan lokal dengan koneksi digital subscriber line (DSL). Fungsi ini, yang biasa dikenal dengan DSL router, memungkinkan router tidak terjebak menggunakan kabel LAN dan dapat berbagi jaringan Internet secara nirkabel.


4. Pemfilteran paket

Router juga dapat berfungsi untuk menyaring data internet yang beroperasi pada suatu jaringan.


5. Packet Filtering

Fungsi kelima dari router adalah memungkinkan pengguna untuk berbagi sumber daya jaringan Internet dengan perangkat tertentu, seperti printer, pemindai, dan layanan penyimpanan file lainnya.


Baca Juga: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Software Pada Komputer


Cara kerja router


Cara kerja router adalah dilakukan pada saat proses routing, artinya router dapat dengan cerdas mengetahui kemana rute jaringan dilewatkan untuk sebuah host pada satu jaringan atau lainnya.


Cara kerja router selanjutnya adalah jika paket yang berupa informasi data ditujukan untuk host dengan jaringan yang berbeda maka router akan meneruskannya ke jaringan tersebut.


Namun, jika paket data ditujukan untuk host di jaringan yang sama, router akan memblokir paket data agar tidak keluar dan meneruskannya ke host tujuan.


Jadi, pada prinsipnya, cara kerja router adalah ketika router terhubung satu sama lain di jaringan Internet, mereka berpartisipasi dalam algoritma perutean terdistribusi untuk memilih jalur mana yang terbaik untuk meneruskan paket IP dari satu sistem ke sistem lainnya.

$ads={2}


Jenis router


Jenis router dikelompokkan berdasarkan mekanisme dan aplikasi. Berikut ini adalah jenis-jenis router menurut pengelompokannya.


Berdasarkan mekanismenya


Menurut mekanismenya, jenis-jenis router adalah sebagai berikut:


1. Router Statis – Router jenis ini memiliki tabel routing dengan kondisi statis atau stabil dengan konfigurasi manual.


2. Router dinamis: Router jenis ini memiliki tabel router secara dinamis atau dilakukan dengan membaca router jaringan dan dapat berhubungan dengan router lain.


3. Router Nirkabel (Wifi Router): Router jenis ini tidak memerlukan perantara seperti kabel.


Berdasarkan Aplikasinya


Jenis-jenis router tergantung pada pengaplikasinya adalah sebagai berikut:


1. Router PC: Router jenis ini adalah komputer yang digunakan sebagai router. Di dalamnya terdapat sistem operasi (salah satu yang banyak digunakan adalah mikrotik) yang memiliki fasilitas untuk berbagi alamat IP.


2. Router Application: Application router adalah router yang berupa aplikasi, sehingga penggunaannya harus diinstal terlebih dahulu pada sistem operasi komputer.


3. Router Hardware: Hardware router adalah router dalam bentuk perangkat keras dan memiliki kemampuan untuk berbagi alamat IP.


Penutup


Router adalah suatu perangkat keras (hardware) dalam jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik itu jaringan yang sama maupun jaringan yang berbeda dari segi teknologi.


Dalam analogi, router seperti jembatan yang menghubungkan beberapa jaringan. Nah, itulah pembahasan mengenai router, fungsi dan jenisnya. semoga bermanfaat.


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama