Tabel Urutan Penomoran Karya Tulis Ilmiah


TABEL URUTAN PENOMORAN KARYA TULIS ILMIAH


FORDIASI.COM | INFORMASI - Terkadang kita bingung bagaimana tata cara penulisan laporan atau karya Ilmiah yang baik dan benar, karena banyak faktor yang perlu diperhatikan terutama dalam sistematika penulisannya. Beberapa keuntungan dapat kita peroleh dengan menulis artikel ilmiah dengan menggunakan sistem penomoran yang benar.


Dengan urutan penomoran yang benar, topik yang akan ditransmisikan diatur dengan sangat teratur dan memudahkan kita untuk menemukan poin-poin tertentu dalam pekerjaan yang telah dilakukan. Sehingga penulisan urutan penomorannya tidak se-asli yang kita inginkan.


Dulu, ketika saya masih kuliah program Diploma 3, saya belajar tentang urutan angka ini ketika saya membuat laporan tugas akhir. Saya mencari informasi dari berbagai sumber mengenai cara membuat karya tulis/tugas akhir dan akhirnya mendapatkannya disalah satu situs pendidikan kredibel. Dan disini saya akan membagikan kembali pengetahuan yang telah saya dapatkan ketika membuat tugas akhir, selengkapnya yuk disimak pembahasannya di bawah ini:


Gambar diatas merupakan sebuah urutan dari nomor BAB hingga SUBBAB. Contoh penulisan lengkapnya kurang lebih seperti di bawah ini:


I, II, III, dst : Nomor untuk BAB

A, B, C dll : nomor subbab

1, 2, 3, dst : nomor anak subbab

a, b, c, dll : nomor anak subbab pertama

1), 2), 3), dst. : Nomor anak subbab kedua

a), b), c), dll. : Nomor anak subbab ketiga

(1), (2), (3), dst. : Nomor anak subbab keempat

(a), (b), (c), dll. : Nomor anak subbab kelima


Saya biasanya menggunakan urutan ini dalam pekerjaan maupun tugas akhir saya ketika dahulu. Saya menggunakan urutan ini di atas kertas, karena kertas yang saya buat tidak terlalu banyak halaman, jadi saya menggunakan urutan ini. Kalau di jurnal atau nanti di skripsi, saya ganti nomor subbabnya dengan 1.1, 1.2, 1.3, dan seterusnya.


Catatan: Hal yang perlu diperhatikan dalam urutan penomoran adalah konsistensi dan perlu diperhatikan dengan teliti.


Semoga informasi ini bermanfaat sobat fordiasi!


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close