Vietnam terkena Sanksi FIFA karena Bermain Kasar, Netizen: Kemarin bilang pemain Indonesia Kasar?


NEWS | SEPAK BOLA - Beberapa hari terakhir ini, dunia sepak bola dihebohkan dengan adanya 45 pemain Laos yang mendapat hukuman berat berupa larangan bermain seumur hidup oleh FIFA.


Sekjen Federasi Sepak Bola Laos (LFF) Kanya Keomany menjelaskan bahwa 45 pemain Laos diberi sanksi berat oleh FIFA karena terlibat dalam pengaturan pertandingan.


Dilansir dari Ballthai, mereka yang terlibat dalam pengaturan pertandingan telah terakumulasi selama bertahun-tahun dan dilakukan di turnamen tingkat nasional.


Tidak disebutkan siapa dari 45 pemain yang terlibat dalam pengaturan papan skor. Praktik curang ini sangat merusak semangat fair play yang sering diusung FIFA.


Sementara setelah Laos, kini terserah FIFA untuk menghukum tim Vietnam besutan Park Hang-seo. Menurut laporan Soha.vn, mereka didenda 6.000 franc Swiss, atau sekitar Rp. 92,000,000.

$ads={1}


Denda tersebut harus dibayarkan oleh Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) atas permainan kasar para pemain tim Vietnam pada hari ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di kawasan Asia.


Pada leg kedua melawan Arab Saudi pada 16 November 2021, tim asuhan Park Hang-seo melakukan 17 pelanggaran dan wasit harus mendapatkan enam kartu kuning.


Tak hanya didenda hampir ratusan juta rupiah, dua pemain timnas Vietnam yakni Que Ngoc Hai dan Tuan Anh juga dilarang tampil saat menghadapi Australia pada 27 Januari 2022.


Media Vietnam mengatakan Indonesia bermain Kasar


Pada Turnamen AFF 2020 kemarin,  Salah satu media Vietnam mengatakan bahwa pemain Indonesia bermain kasar


“Indonesia memilih bermain bertahan, tak segan-segan melakukan pelanggaran untuk menghadapi Vietnam,” tulis media The Thao247.


Pelatih Vietnam, Park Hang Seo mengatakan bahwa para pemain Indonesia ketika merebut bola dengan kasar:


" Dalam pertandingan, pelatih Park Hang-seo dan asistennya bereaksi berkali-kali ketika mereka melihat pemain Indonesia merebut bola dengan kasar ke Quang Hai, Hong Duy, Van Thanh atau Duc Chinh,” lanjut media itu.


Namun ternyata Ucapan tersebut berbalik kepada negaranya sendiri atas sanksi yang diberikan FIFA karena bermain kasar pada leg kedua melawan Arab Saudi (16/11/2021) di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Performa timnas Vietnam turun tajam


Prestasi tim Vietnam justru menurun tajam. Di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022, pasukan Park Hang-seo belum juga menang.

$ads={2}


Mereka terjebak dalam posisi juru kunci setelah diserang oleh Jepang, Australia, Arab Saudi, China dan Oman. Tak berhenti sampai di situ, Vietnam pun tak mampu mempertahankan gelar Piala AFF.


Di Piala AFF 2020, langkah Vietnam terhenti di semifinal setelah kalah agregat 0-2 dari Thailand. Sebelumnya, mereka juga gagal merebut kemenangan atas Timnas Indonesia di babak penyisihan Grup B.


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close