Apa itu Programming? Skill dan Manfaat Belajar pemrograman


APA ITU PROGRAMMING? SKILL DAN MANFAAT BELAJAR PEMROGRAMAN


FORDIASI.COM | SOFTWARE - Pernahkah Anda mendengar istilah pemrograman? Apakah Anda tahu apa itu pemrograman? Bagi Anda yang masih baru mengenal istilah ini, mungkin Anda bingung atau tidak memahaminya.


Nah disini saya akan menjelaskan sedikit tentang programming atau dalam bahasa indonesia kita sebut dengan programming.


Mengenal Apa itu Programming


Pemrogramming adalah suatu kegiatan yang kita lakukan untuk membuat program komputer yang dapat dijalankan sesuai dengan yang kita inginkan. Seolah-olah kita membuat program sesuai dengan apa yang kita program di program komputer.


Jadi program apa yang bisa dilakukan? Sebenarnya ada banyak, salah satunya kita bisa membuat software atau yang biasa kita dengar adalah aplikasi.


Tidak hanya aplikasi, program yang dibuat juga bisa berupa website yang dijalankan di sisi internet, seperti yang sering kita jumpai saat browsing dengan browser yang kita miliki.


Untuk aplikasi ada banyak cakupannya, seperti kita bisa membuat aplikasi untuk android, ios, aplikasi berupa website atau aplikasi yang berjalan di komputer yang kita miliki, baik itu PC (personal computer) atau laptop kita sendiri.

$ads={1}

Perlu kita pahami bahwa proses pembuatan aplikasi dalam pemrograman tidak pernah lepas dari penulisan kode karena sebenarnya pemrograman adalah kegiatan kita ketika menulis kode sehingga kita dapat membuat program yang dapat dijalankan di sisi komputer.


Jadi, apakah Anda tahu apa itu pemrograman? Jika kita simpulkan bahwa programming atau pemrograman adalah sebuah proses dimana kita membuat sebuah program, bukan hanya sekedar mengerjakan, tetapi sudah melalui tahap perencanaan, penulisan dan pengujian dari program yang telah kita buat.


Skill yang dibutuhkan di Dunia Programming


Setelah belajar tentang pemrograman. Selanjutnya, skill apa saja yang kita perlukan untuk memasuki dunia programming?


Berikut 2 hal yang akan saya uraikan, yaitu:


- Hard Skill

- Soft Skill


1. Kemampuan Hard Skill


Berkaitan dengan hard skill, berarti diperlukan kemampuan menguasai bahasa pemrograman yang berkaitan dengan technical skill (keterampilan teknis) dalam dunia pemrograman. Ya, tidak diragukan lagi, untuk terjun langsung ke dunia pemrograman, kita membutuhkan ini, untuk menguasai bahasa pemrograman.


Banyak sekali bahasa pemrograman yang kita jumpai, salah satunya adalah java, php, javascript, ruby, python, dll. Dari bahasa pemrograman ini banyak sekali kegunaan dan fungsi yang kita perlukan tergantung dari project yang kita jalankan.


2. Kemampuan Soft Skill


Ini berkaitan dengan kemampuan kita dalam hal apa yang seharusnya kita miliki sebagai programming:


Baca Juga: Belajar HTML: Pengertian, Sejarah HTML dan Versinya


2.1 Pemecahan Masalah


Tidak bisa dipungkiri dalam dunia programming dibutuhkan hal yang satu ini yaitu problem solving atau pemecahan masalah. Bagaimana kita akan membuat program jika kita tidak tahu masalah apa yang kita hadapi?


Ketika nanti sudah membuat program tidak akan pernah berpisah dengan yang namanya error ya, ini masalah yang biasanya harus kita pecahkan dan cari solusinya, bagaimana cara kita mengatasinya.


2.2 Berpikir kritis


Membuat sebuah program tidaklah mudah, kita harus berpikir kritis bagaimana menganalisa sesuatu, cepat dan tanggap untuk menemukan solusi yang tepat ketika kita menghadapi suatu masalah.


Bayangkan jika Anda tidak bisa berpikir kritis dengan baik, tentu aplikasi atau software yang Anda bangun tidak akan berfungsi dengan baik.


2.3 Mampu belajar mandiri


Hal ini sangat penting, dalam pemrograman kita harus dapat mempelajari sesuatu untuk dapat memahami setiap hal baru yang kita pelajari setiap hari yang berkembang pesat.


Dengan bisa belajar secara mandiri, secara bertahap kita bisa meningkatkan level skill yang kita miliki.


Sampai saat ini saya rasa kalian sudah paham dengan skill apa saja yang perlu kalian persiapkan jika ingin terjun ke dunia programming.


Berikutnya!


Baca Juga: Sejarah Perkembangan CSS, Pengertian dan Fungsinya


Manfaat belajar memprograman


Jika Anda tertarik untuk belajar pemrograman, keuntungan apa yang akan Anda dapatkan jika ingin terjun ke dunia pemrograman:


1. Prospek yang lebih baik untuk masa depan


Manfaat dari prospek masa depan yang anda dapatkan bisa menjanjikan yaitu hal ini terkait dengan perkembangan dunia teknologi, sehingga ketika kita belajar pemrograman, bukan tidak mungkin gaji yang kita dapatkan bisa menjanjikan.


Ya, ada begitu banyak perusahaan yang membuka diri untuk orang-orang yang tahu cara membuat kode atau program untuk mengerjakan proyek yang mereka kembangkan, baik itu pengembangan aplikasi, pengembangan situs web, robotika, atau bidang terkait TI lainnya.


2. Meningkatkan kemampuan berpikir sistematis


Berpikir sistematis sangat diperlukan ketika kita akan memprogram sesuatu. Ya, ini tidak akan pernah lepas dari dunia pemrograman.


Perlu diingat bahwa berpikir sistematis adalah cara berpikir yang menyerupai kita mampu mengatur langkah-langkah dengan baik seperti yang akan kita lakukan.


Sistematis artinya setiap proses diurutkan dari langkah-langkah proses pemecahan masalah yang kita temui.


3. Tingkatkan keterampilan berpikir logis Anda


Dalam pemrograman, jika kita bisa berpikir logis atau masuk akal, itulah keuntungan yang kita dapatkan.


Mengapa demikian?


Karena itulah yang dibutuhkan dunia pemrograman, khususnya coding untuk pekerjaan aplikasi.


Penting untuk diketahui bahwa komputer tidak dapat memahami bahasa manusia kita, jadi apa yang dapat kita lakukan dengan komputer? Tentunya dengan menggunakan bahasa pemrograman.


Dimana bahasa pemrograman membutuhkan cara berpikir logis kita untuk dapat memberikan perintah kepada komputer.

$ads={2}


kesimpulan


Yang dimaksud dengan pemrograman adalah proses kegiatan yang dilakukan untuk membuat program komputer dari kegiatan menulis dan menguji setiap program yang dihasilkan.


Jadi bagaimana Anda tertarik untuk belajar pemrograman? Bagi kamu yang ingin belajar pemrograman bisa mencari du situs ataupun  channel Youtube yang di rekomendasikan yah!


Terima kasih kepada anda yang telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat buat sobat fordiasi!


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama