Buah Matoa: Buah Eksotis dari Hutan Papua


BUAH MATOA: BUAH EKSOTIS DARI HUTAN PAPUA


FORDIASI.COM | FLORA & FAUNA - Hutan Indonesia merupakan salah satu harta warisan alam bagi dunia. Tak hanya kekayaan keanekaragaman hayati, namun ternyata Hutan Indonesia juga dapat berperan sebagai penghasil sumber alternatif air, energi dan pangan. Seperti potensi pangan dari buah buahan hutan yg begitu beragam dan salah satunya adalah Buah Matoa.


Buah matoa ini merupakan buah lokal asli Hutan Papua namun juga telah menyebar ke wilayah lainnya. Buah seukuran buah kenari atau lengkeng ini memiliki rasa yg manis dan ciri khas campuran antara 3 rasa buah dalam satu gigitan. Buah matoa ini memiliki paduan rasa rambutan, durian & lengkeng. Buah Matoa ini beberapa tahun terakhir menjadi salah satu buah yg populer dikalangan kolektor pecinta tanaman. Selain memiliki buah yg nikmat pohon matoa juga merupakan magnet bagi berbagai jenis burung dan satwaliar untuk datang.

$ads={1}


Kandungan gizi buah matoa ini juga sangat baik untuk kesehatan. Buah matoa ini mengandung Vitamin C, E, Kalsium, Kalium, Glukosa dan gizi lainnya. Khasiat buah matoa ini juga sangat baik untuk kecantikan kulit & kesehatan seperti mengatasi jerawat, meremajakan kulit, melancarkan pencernaan, mencegah kanker & darah tinggi, meningkatkan daya tahan tubuh dan banyak lainnya.


Namun karna kandungan gula yg tinggi pada buah ini, disarankan tidak berlebihan mengkonsumsi. Kuliner lestari dari buah buahan hutan ini bisa dinikmati jika hutan terus terjaga & lestari serta menjadi salah satu penggerak ekonomi masyarakat. Dari Hutan lestari maka sumber alternatif air, energi & pangan ini bisa dinikmati hingga masa depan terutama pasca era minyak bumi habis.


Sumber: RIMBAWAN KOTA


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close