Mengenal Kawasan Industri Kendal dan Fakta Menariknya


MENGENAL KAWASAN INDUSTRI KENDAL DAN FAKTA MENARIKNYA


FORDIASI.COM | BISNIS - Pada kesempatan ini kami akan mengupas fakta menarik seputar Kawasan Industri Kendal atau dikenal dengan akronim KIK.


Bagi warga kenal, mungkin sudah tak asing dengan Kawasan Industri KIK Kendal. Walaupun demikian, masih juga banyak sebagian warga kendal yang tidak mengetahui kawasa industri kendal itu sendiri.


Oleh karena itu, artikel ini akan melihat lebih dalam Kawasan Industri Kendal karena akan membawa manfaat bagi perekonomian masyarakat Kabupaten Kendal.


Dengan begitu, Sobat fordiasi akan lebih mengenal kawasan industri Kendal dan fakta uniknya yang jarang diketahui orang.


Sejarah Kawasan Industri Kendal


Kendal Industrial Park (KIP) adalah pengembangan kota mandiri industri terbesar di Jawa Tengah dengan total luas pengembangan 2.200 hektar KIP juga merupakan perusahaan patungan antara dua pengembang industri di Asia Tenggara bernama Sembcorp Development Ltd dan PT Jababeka Tbk


Proyek ini sangat didukung oleh pemerintah Indonesia dan Singapura yang diresmikan pada 16 November 2016 diresmikan oleh Presiden Jokowi dan PM Lee Hsien Loong. Hingga saat ini, KIP telah berhasil menarik lebih dari 70 Badan Usaha dari berbagai industri seperti makanan, furnitur, fashion, elektronik, otomotif dan sebagainya.


Pengembangan KIP tahap 1 akan mencakup area rekreasi, pusat kota, distrik perbelanjaan, kota marina, kota makanan, hub tishian, hub furnitur, pengembangan perumahan bertingkat, bungalow mewah, dan klaster industri. Pembangunan ini adalah yang pertama di Jawa Tengah dan Indonesia, dengan ambisius berkembang dan berkembang pesat KIP akan menjadi ekosistem yang beroperasi bagi banyak klaster industri dan sistem ekonomi yang mandiri.


Pemerintah Indonesia menetapkan KIP sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional, dan mempercepat pembangunan infrastruktur makro dan mikro. Oleh karena itu, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memantau dan mengevaluasi pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan melaporkan kepada Presiden minimal setiap enam bulan sekali. Pada Desember 2019, Pemerintah telah resmi menetapkan KIP sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Baru yang diatur dengan PP No 85/2019


Pengertian Kawasan Industri Kendal




Kawasan Industri Kendal merupakan proyek pengembangan industri terbesar di Provinsi Jawa Tengah. Kawasan industri ini berada di atas lahan seluas 2.200 hektar. Nama lainnya adalah KIK atau Kendal Industrial Park (KIP).


KIK merupakan perusahaan patungan antara dua pengembang industri dari Asia Tenggara. Nama mereka adalah Sembcorp Development Ltd dan PT Jababeka Tbk. Bahkan pemerintah Indonesia dan Singapura sangat mendukung keberadaannya.

$ads={1}


Oleh karena itu, Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong akhirnya meresmikan Kawasan Industri PT Kendal. Tepatnya pada 16 November 2016 sebagai proyek strategis nasional.


Sejauh ini, KIK telah berhasil menghubungkan 69 badan usaha dari berbagai industri. Bahkan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian juga ikut memantau dan berpartisipasi dalam evaluasi kawasan industri tersebut. Kemudian, dia akan melapor ke presiden setiap 6 bulan sekali. Hingga akhirnya pada 2019, pemerintah resmi menetapkan KIK sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Baru.


Hal itu tertuang dalam PP No. 85/2019. Sehingga para tenant di kawasan industri Kendal selanjutnya bisa memperoleh berbagai keuntungan. Salah satunya adalah perpajakan intensif. Selain itu, ada juga beberapa keunggulan yang membuat Kawasan Industri Kendal begitu menarik.


Bahkan Kawasan Industri Kendal atau KIK kini menjadi sorotan dari berbagai pihak, baik pengusaha maupun investor. Hal ini dikarenakan KIK memiliki berbagai keunggulan dan daya tarik tersendiri. Dan berikut ini beberapa fakta menarik tentang Kawasan Industri Kendal:


1. Fakta menarik di kawasan industri Kendal adalah upah para karyawannya yang kompetitif




Kawasan Industri Kendal kini menawarkan tenaga kerja muda dan terampil. Biaya gaji juga cukup kompetitif, sekitar Rp. 2,300,000 / bulan dibandingkan dengan daerah di Jawa Tengah.


Padahal, saat ini Kawasan Industri Kendal telah mengoperasikan Politeknik dan kawasan industri Kendal dikelola langsung oleh Kementerian Perindustrian. Tujuannya untuk menjamin ketersediaan SPM yang berkualitas, sehingga siap pakai.


2. Didukung oleh infrastruktur makro yang baik




Kawasan Industri Kendal saat ini masuk dalam proyek strategis nasional yang memberikan berbagai insentif dan fasilitas. Ini termasuk pembebasan pajak, bea cukai, keringanan pajak dan memastikan ketersediaan infrastruktur.


Kawasan Industri Kendal kini juga terintegrasi langsung dengan Pelabuhan Kendal. Selain itu, kawasan industri Kendal juga dekat dengan pertigaan Tol Trans Jawa yang hanya berjarak 5 KM. Sedangkan akses menuju pelabuhan internasional Tanjung Mas hanya berjarak sekitar 25 km.


3. Perusahaan dari berbagai Negara




Saat ini, perusahaan di kawasan industri Kendal berasal dari 8 negara. Misalnya China, Jepang, Taiwan, Hongkong, Singapura, Korea Selatan, Malaysia, dan Indonesia.

$ads={2}


Sebab, sebagian besar investor di kawasan industri Kendal adalah asing. Sedangkan dari dalam negeri hanya 48 persen. Selain itu, ada juga investor dari Eropa dan AS yang saat ini masih membahas investasi tersebut.


4. Sektor industri yang beragam



Sejauh ini, berbagai bidang industri yang dapat beroperasi di kawasan industri Kendal antara lain: furnitur, makanan dan minuman, fashion, farmasi, elektronik, alat kesehatan, dan optik.


Dengan demikian, pengunjung dapat menikmati berbagai makanan dan minuman khas Kendal di Kawasan Industri Kendal atau KIK. Dengan begitu, teman-teman tidak perlu lagi bingung dimana letak kuliner tersebut.


Tentu saja, ini dapat menghemat waktu dan uang. Bayangkan, jika Anda harus pergi ke restoran atau restoran satu per satu. Apalagi jaraknya cukup jauh.


Tentu akan memakan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit. Pertama, mencari lokasi dan kedua membayar biaya transportasi atau bahan bakar.


Tidak hanya pengunjung yang datang saja yang bisa dimanjakan. Namun juga membuka peluang bagi teman-teman yang memiliki usaha makanan dan minuman untuk bergabung. So sobat bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar.


Demikian pembahasan artikel ini tentang fakta menarik kawasan industri Kendal yang menjadi daya tarik bagi para pengusaha dan investor. Dengan fasilitas yang lengkap, Anda bisa menjadikannya sebagai rumah bagi industri manufaktur global.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat fordiasi!


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close