Asal Usul Huruf X di Pelajaran Matematika


ASAL USUL HURUF X DI PELAJARAN MATEMATIKA


FORDIASI.COM | INFORMASI - Mengapa huruf X digunakan untuk mewakili sesuatu yang tidak diketahui?


Kita mempelajarinya di kelas matematika, namun saat ini, x digunakan dimana-mana. The x Prize, The X-Files, Projext X, Tedx. Dari mana itu berasal?


Sekitar 6 tahun yang lalu, saya memutuskan untuk belajar bahasa Arab. Yang ternyata bahasa itu sangatlah logis. Menulis kata, frase atau kalimat dalam bahasa Arab seperti menyusun sebuah persamaan, karena setiap bagiannya sangat seksama dan mengandung banyak informasi itulah salah satu alasan.


Banyak dari kita yang menyimpulkan bahwa sains, matematika dan ilmu teknik di Barat saat ini telah berkembang pada abad-abad pertama Masehi oleh bangsa Persia, Arab dan Turki. Termasuk sistem kecil dalam bahasa Arab yang disebut "Al-Jabr". dan Al-Jabr bisa diartikan sebagai "Suatu sistem untuk mencocokkan bagian yang berbeda-beda."


Al-Jabr akhirnya diserap bahasa inggris dengan sebutan Algebra (Indonesia: Aljabar). Satu contoh dari sekian banyak hal.


Naskah berbahasa Arab yang berisikan tentang kebijaksanaan matematika akhirnya sampai ke Eropa, pertama kali di Spanyol pada abad ke-11 dan 12.


Dan ketika naskah itu tiba di sana, ada ketertarikan yang besar untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa eropa. Namun ada masalah. salah satunya adalah ada beberapa pengucapan dalam bahasa Arab yang sulit untuk diucapkan oleh orang Eropa, tanpa terlebih dahulu berlatih. Percayalah untuk yang satu ini. Dan juga pengucapan itu cenderung tidak ada pandanannya dalam abjad bahasa Eropa. Ini salah satu "tersangkanya".


Ini adalah hurus  ﺵ  (Syin) yang bunyinya seperti "Sy". Huruf itu juga menjadi huruf pertama dari kata "Syay'un", yang artinya adalah "sesuatu". Sama halnya dalam bahasa Inggris, yaitu kata "Something". Sesuatu yang tidak terdefinisi, sesuatu yang tidak diketahui.


Dalam bahasa Arab, kita bisa membuatnya menjadi sesuatu yang pasti (definitif) dengan menambahkan imuhal "al". Maka dia menjadi "al-Syay'un". Sesuatu yang tidak diketahui. Ini adalah kata yang sering muncul di masa awal matematika mulai dikenal, seperti pada naskah abad ke-10 yang menjelaskan turunan akar ini. 

$ads={1}


Permasalahan bagi para ilmuwan Spanyol abad pertegahan yang ditugaskan untuk menerjemahkan naskah itu adalah pada huruf "Syin" dan kata "Syay'un", tidak bisa diubah langsung ke dalam bahasa Spanyol. Karena bahasa Spanyol tidak memiliki "sy" tersebut. Suara "sy". Kesepakatannya mereka pun menciptakan aturan di mana mereka meminjam suara "ck", bunyi "ck". Hingga kemudian, ketika naskah itu diterjemahkan lagi ke bahasa Eropa yang umum digunakan, katakanlah bahasa latin, mereka lalu menggantikan huruf Yunani "X" menjadi huruf latin "x".


Dan setelah hal itu terjadi, setelah naskah itu tersedia dalam bahasa latin, ini kemudia menjadi acuan buku teks Matematika selama hampir 600 tahun. Jadi sekarang kita punya jawaban untuk pertanyaan ini. Mengapa "x" untuk sesuatu yang tidak diektahui?


"x" menjadi sesuatu yang tidak diketahui karena anda bisa mengatakan "sy" dalam bahasa Spanyol. Dan saya pikir ini berharga untuk dibagikan.


Sumber: Ted

Terjemahan: Cardova


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama