Manfaat dan Keuntungan Mengoptimasi App Store (ASO)


MANFAAT DAN KEUNTUNGAN MENGOPTIMASI APP STORE (ASO)


FORDIASI.COM | INFORMASI - Melanjutkan pembahasan yang lalu mengenai #ASO, disini saya akan coba sharing studi case salah satu aplikasi yang dioptimasi sesuai dengan ASO faktor dari beberapa sumber. Baca tulisannya di sini Mengenal Apa itu ASO (App Store Optimization) dan Perbedaan dengan SEO



Headline diatas entah click bait atau bukan, tapi saya juga akan jelaskan keuntungan detail dengan angka. Ini adalah hasil studi case mengoptimasikan aplikasi pada bulan September-November 2021 lalu. Terlihat dari gambar dibawah, yang diambil dari tool AppsFlyer, average traffic download perday bulan september- last oktober kisaran 500-600 download perday, setelah dilakukan beberapa perubahan pada onmetadata juga offmetadata, Alhamdulillah ada sedikit peningkatan pada traffic download sampai 2k/day atau average kisaran 1300 download/day, ada peningkatan 100% lebih dari traffic sebelumnya. Sedangkan ada kolom yang kosong, itu karena ada problem pada SDK sehingga tidak dapat ditracking dengan APPSFLYER.


Jumlah peningkatan tersebut tergolong masih kecil karena memang brand awareness nya masih belum popular dan tergolong company baru.

$ads={1}


Apa keuntungan nya? Nah ini ni yang ditunggu tunggu kan? Baik, Saya pernah menggunakan belasan agency dan agregator untuk membantu memberikan traffic install, biasanya harga yang diberikan agency atau agregator, cost per install (CPI) ada diangka $0,4-$0,8 USD, kita ambil korversi tengahnya saja ada di kisaran IDR 8000/install. Misalnya kita memiliki traffic organic pada applikasi kita 2000/day, kita dapat menghemat biaya promosi IDR 16 juta/day bukan. Ini baru dari penghematan biaya promosi, belum profit yang didapatkan company sesuai dengan industri masing-masing dan conversion rate dari traffic organic yang didatangkan.


Begitu kira-kira tulisan singkat dan hasil belajar ASO saya kali ini. dan masih banyak hal yang perlu diexplore lagi. Lantas, sudah kah anda mengoptimasi App store anda?


Oleh: Zainal Abidin


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close