Ayam Sembelit: Penyebab, Cara Mengobati dan Pencegahannya


AYAM SEMBELIT: PENYEBAB, CARA MENGOBATI DAN PENCEGAHANNYA


FORDIASI.COM | FLORA & FAUNA - Cara mengatasi ayam sembelit bukanlah masalah yang sepele, masalah sulitnya BAB pada ayam harus anda ketahui baik faktornya maupun cara penanganannya. Dalam dunia peternakan masalah ini sering disebut dengan dobolen, mejen dan ngeden.


Istilah di atas diambil dari bahasa Jawa, sedangkan untuk lingkup yang lebih luas lebih dikenal dengan istilah sembelit. Biasanya, dalam kasus seperti ini, ayam juga mengalami tembolok yang tidak turun dan mengeluarkan suara saat buang air besar. Bahkan beberapa kasus kotoran ayam keras dan ada darahnya sebab tidak lancar (BAB).


Sembelit tidak hanya dirasakan oleh manusia. Semua makhluk hidup mau itu unggas dan bahkan binatang buas sekalipun mengalaminya. Buat Sobat yang sedang mencari referensi informasi cara mengobati sembelit ayam, yuk baca penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini:


Penyebab ayam susah buang air besar



Ayam yang susah buang air besar dipengaruhi oleh berbagai penyebab, sehingga kita sebagai perawat dan peternak ayam perlu lebih memperhatikan dan lebih memperhatikan kesehatan ayam sehari-hari.


Keanekaragaman pakan yang dapat diberikan pada ayam terkadang dapat menjadi faktor pencernaan yang sulit untuk melunakkan pakan yang telah ditelan oleh ayam. Selain itu, ayam peliharaan di Indonesia terbagi menjadi tiga jenis yaitu ayam niaga, ayam hias, dan ayam aduan.


Baca Juga: Asal Muasal Ayam Ganoi dari Jenis, Ciri-ciri dan Kelebihannya


Sehingga cara pengobatannya juga berbeda, maka tidak heran jika masalah ayam ngeden bisa saja terjadi. Mengenai penyebab sembelit pada ayam, kami memiliki informasi yang dapat digunakan sebagai indikasi sulit buang air besar, antara lain:


  • Kurangnya air minum untuk ayam.
  • Terlalu banyak makanan keras yang diberikan dalam bentuk biji-bijian.
  • Kondisi sistem pencernaan ayam tidak sehat.
  • pakan ayam tengik (berbau)
  • Makan lebih sedikit makanan berserat tinggi


Cara mengatasi ayam sembelit



Tips ampuh mengobati ayam sembelit bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti cara tradisional atau alami dan menggunakan obat-obatan modern yang bisa Anda dapatkan di toko pakan ternak atau apotek. Dengan keragaman bentuk pengobatan, membantu menyembuhkan ayam dengan cara yang paling sederhana dan cepat.


Selain itu, manfaat bawang putih juga dapat membantu antibiotik alami tubuh ayam agar tidak mudah mengalami sembelit. Jika masih ragu, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.


Obat Herbal Ayam Susah Buang Air Besar



Cara mengobati ayam yang sedang sembelit harus segera dilakukan. Karena jika diabaikan saja bisa memperburuk kondisi. Untuk rekomendasi pertama, kami akan menerapkan metode herbal terlebih dahulu.

$ads={1}


Bahan atau obat yang digunakan adalah dengan memberikan buah-buahan yang kaya akan air dan kandungan serat yang sangat membantu melunakkan feses ayam. Pisang, apel, pir, dan sayuran brokoli semuanya bisa dijadikan camilan pertama, sobat.


Misalnya, brokoli mengandung sulforaphane yang dipercaya dapat melindungi usus dan pencernaan ayam peliharaan Anda. Jika sulit ditemukan, Anda bisa menggantinya dengan pisang karena peran bakteri probiotik yang disebut fructooligosaccharides dapat meredakan gejala sembelit.


Dulcolax untuk ayam sembelit


Jadi cara mengobati ayam yang sedang sembelit anda bisa mengobatinya dengan obat Dulcolax caranya sangat sederhana yaitu diberikan dalam dosis 1 hari 1 butir saja. Juga, sediakan air minum yang cukup dan ganti pakan benih yang sama yang mengandung serat dan air yang dapat dengan cepat mensuplai pencernaan ayam.


Untuk mengetahui perkembangan ayam, jangan lupa untuk memeriksa dan membersihkan kotoran yang menempel di dekat anus ayam. Pastikan ayam ditempatkan di kandang yang bersih dan tidak diganggu oleh ayam lain untuk menghindari risiko stres.


Cara Mengobati Ayam Ngeden



Obat ayam susah buang air besar bisa disembuhkan dengan nama obat koleridin. Produk Medion ini sudah tersebar di berbagai pelosok nusantara dan bisa digunakan untuk masalah buang air besar berwarna hijau, diare dan dobolen.


Baca Juga: Asal Muasal Ayam Betet dari Jenis dan Kelebihannya


Aturan pakainya mudah karena diberikan pada ayam tergantung umur dan beratnya. Misalnya ayam kurang dari 1,5 kg diberi 1 kaplet/hari sedangkan sisanya diberi 2 butir telur/hari. Bahkan untuk kasus yang parah, kami merekomendasikan 3 butir telur untuk ayam yang berusia lebih dari 3 bulan.


Obat ayam mejen



Rekomendasi pengobatan ayam mejen adalah dengan menggunakan produk herbal yang juga telah digunakan oleh manusia. Hanya untuk pemakaian dengan dosis yang berbeda agar tetap aman dan tidak menimbulkan efek samping.

$ads={2}


Obat pencernaan alami ini bernama Naturindo Mucosafit. Mengapa kami merekomendasikan ramuan ini? Karena dibuat khusus dan mengutamakan nutrisi alami untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, baik pada manusia maupun pada hewan peliharaan.


Cara pemberian jamu ini 2 kapsul/hari sudah cukup untuk ayam dewasa. Sementara itu, anak ayam Anda dapat menggiling atau memberikan setengah dari rekomendasi di atas. Meski terbuat dari tumbuhan yang bermanfaat, namun jika diberikan lebih dari batasnya bisa merugikan pencernaan ayam.


Tips Mencegah Ayam Sembelit


Langkah yang benar untuk mencegah ayam mengalami sembelit dapat dilakukan dengan memberikan air minum yang cukup. Ransum ayam berserat tetapi mudah dilunakkan oleh sistem pencernaan ayam.

Sementara itu, penggunaan beras merah, jagung, dan beras padi harus seimbang, agar tidak menyebabkan panen terhambat atau ayam terkulai. Namun jika sudah menjadi menu wajib ayam, cobalah merendamnya agar tekstur pakan mudah dicerna.

Cara pencegahan selanjutnya adalah dengan memperbanyak waktu pemaparan ayam agar bisa mendapatkan nutrisi dari tanah saat terpapar. Kemudian terus perhatikan status kesehatan ayam secara berkala untuk antisipasi yang paling mudah dan agar tidak mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

Itulah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan kali ini tentang cara mengobati ayam sembelit. Semoga penjelasan di atas beserta contoh pengobatannya dapat bermanfaat bagi kita semua, terima kasih banyak.

(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close