Nomophobia, Gangguan Kecemasan Melepas Ponsel


NOMOPHOBIA, GANGGUAN KECEMASAN MELEPAS PONSEL


FORDIASI.COM | INFORMASI - Bagi sebagian orang, ponsel merupakan barang penting yang harus digenggam kemanapun, bahkan ke dalam toilet sekalipun. Saat melepas ponsel, biasanya seseorang akan cemas, khawatir bahkan stress. Berhati-hatilah, itu bisa menandakan seseorang mengidap gejala Nomophobia atau No Mobile Phone.


Menurut studi dari Indian Journal of Psychiatri, Nomophobia merupakan jenis gangguan kecemasan akibat lepas dari ponsel. Pengidap Nomophobia biasanya disebut sebagai Nomophobian. Berdasarkan jurnal diatas, hampir 52% dari 100 orang yang disurvei, data menyebutkan bahwa mereka mengidap Nomophobia.


Layaknya pecandu, orang dengan kondisi ini sulit melepaskan ponsel dari genggamannya. Mereka mengalami kecemasan dan ketakutan yang menganggu aktivitas sehari-hari.


Kecemasan ini memang tidak terdapat dalam DSM-5 (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders). Namun, ahli kesehatan menyebutkan bahwa kondisi ini termasuk dalam penyakit mental, khususnya kecanduan terhadap smarthphone.


Penyebab umum Nomophobia adalah menggunakan ponsel sebagai penunjang pekerjaan, seperti yang diketahui bahwa ponsel membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Entah itu untuk bisnis atau lainnya. Sikap seperti ini kemudian membuat kita sulit lepas dari ponsel. Selalu ada rasa was-was saat terlepas dari ponsel.


Kemudian, tanpa ponsel, orang-orang akan merasa terputus dan terisolasi dari aspek penting dalam kehidupan, termasuk teman, keluarga, pekerjaan, keuangan, dan akses informasi.

$ads={1}


Nomophobia tidaklah terlalu berbahaya daripada phobia yang lain, tapi perlu diketahui bahwa hal yang dianggap sepele justru bisa menjadi sebuah gimmick bahaya untuk kita.


Nomophobia memerlukan penanganan ahli jika gejala yang ditimbulkan memberikan dampak buruk terhadap kehidupan Anda sehari-hari. Terapi mungkin tidak menghilangkan nomophobia sepenuhnya, tetapi dapat membantu mengatasi gejala yang ada.


Dengan mengurangi penggunaan hp berlebihan, lebih aktif bergerak dan mencari aktifitas yang menjauhkan dari ponsel merupakan cara yang paling mudah untuk menghindari dari Nomophobia.


Oleh: Tegar Fahriansyah melalui Grup Facebook Ruang Pengetahuan


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close