Andaliman: Rempah Berharga Khas Batak


ANDALIMAN: REMPAH BERHARGA KHAS BATAK


FORDIASI.COM | FLORA & FAUNA - Negeri Rempah merupakan julukan yg pantas melekat pada Tanah Surga Indonesia. Sejak masa lalu hingga masa kini rempah tak hanya menghasilkan pundi pundi ekonomi namun juga menghasilkan nilai budaya dan sejarah. Rempah juga merupakan salah satu alasan utama Bangsa Barat pada Masa lalu melakukan aksi penjajahan di Negeri ini. Rempah bukan hanya sekedar bumbu masakan karna juga bermuatan sejarah, jati diri dan harga diri Bangsa ini.


Salah satu rempah khas Indonesia yg mendunia ialah Andaliman bernama latin Zanthoxylum acanthopodium. Rempah ini merupakan rempah ciri khas dan endemik dari Sumatera Utara sehingga disebut juga Merica Batak. Andaliman ini sangat mahsyur dan subur dari Tanah Batak khususnya Danau Toba. Keberadaan andaliman pada masakan inilah yg memberikan rasa pedas, hangat seperti mentol, asam seperti jeruk purut dan sedikit getir pada setiap masakan khas Batak.


Uniknya penggunaan rempah andaliman ini kini lebih sering dimanfaatkan orang Luar Negeri terutama para Chef Internasional karna mampu menguatkan rasa dan aroma masakan. Andaliman juga merupakan salah satu rahasia tersembunyi dari merdu dan lantangnya suara Orang Batak. Produk andaliman bisa menghasilkan berbagai produk seperti obat obatan medis, parfum, kosmetik, sabun, aromaterapi, keripik andaliman, dan produk lainnya.

$ads={1}


Tumbuhan andaliman ini merupakan tumbuhan yg membutuhkan naungan pohon lain, namun tumbuhan ini hidup optimal jika lingkungan tidak terlalu teduh dan tidak tahan terkena terik matahari langsung. Andaliman ini merupakan komoditas unggulan dari Sumatera Utara serta dahulu tumbuh liar di sekitar Hutan. Andaliman ini tidak mengganggu habitat satwaliar di Hutan, karna sedikit satwaliar yg menjadikannya sebagai makanan. Selain itu Andaliman juga ternyata memiliki manfaat dan kandungan yg luar biasa bagi tubuh khususnya dalam meningkatkan kekebalan tubuh.


Andaliman memiliki kandungan yg mampu mencegah dan melawan kanker, mengobati batuk, mengatasi flu, menambah nafsu makan, mengobati sakit perut, meredakan sakit gigi, membunuh kuman dalam mulut dan perut dan banyak manfaat lainnya. Andaliman ini bukan sekedar bumbu tapi juga sejarah, jati diri dan harga diri Bangsa Indonesia khususnya Suku Batak.


Oleh: Dedi Prasetyo


- Fordiasi, Forum  Media Informasi - 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama