Burung Paruh Kodok: Burung Unik dari Hutan Indonesia


BURUNG PARUH KODOK: BURUNG UNIK DARI HUTAN INDONESIA


FORDIASI.COM | FLORA & FAUNA - Hutan Tropis Indonesia merupakan Surga Habitat bagi berbagai jenis burung. Burung selain berperan sebagai penyebar biji dan benih ke seluruh lapisan hutan juga ternyata mampu berperan sebagai pembawa berita tanda alam dan juga sebagai pengontrol populasi hama dari jenis serangga maupun tikus. Salah satu Burung yg unik, langka dan menarik adalah Burung Paruh Kodok atau disebut juga Frogmouth.


Burung Paruh Kodok ini memiliki paruh lebar seperti kodok dan rupa yg agak menyeramkan serta memiliki kemampuan untuk berkamuflase menyerupai batang kayu. Burung Paruh Kodok atau Frogmouth ini sangat jarang sekali terbang dan lebih sering berdiam untuk menunggu mangsanya. Burung ini lebih aktif di malam hari atau nokturnal dan memiliki peran besar dalam mengontrol populasi serangga dan hama seperti tikus.

$ads={1}


Burung Paruh Kodok ini memiliki beberapa jenis dan tersebar di Hutan Indonesia, Semenanjung Malaysia serta Australia. Burung ini meskipun mirip burung hantu namun tidak termasuk burung hantu, saat ini populasi burung ini terhitung sudah cukup sulit ditemukan dan membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui jumlah populasi dan upaya melindungi burung ini di alam khususnya di Hutan Indonesia.


Oleh: Dedi Prasetyo


- Fordiasi, Forum  Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama