Jangkrik: Ilmu Ndeso, Gizi dan Serangga Terapi Jiwa


JANGKRIK: ILMU NDESO, GIZI DAN SERANGGA TERAPI JIWA


FORDIASI.COM | FLORA & FAUNA - KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu bukti bahwa ada pelajaran penting dari Masyarakat Desa yang perlu diambil oleh mahasiswa calon sarjana. Kegiatan penting ini diharapkan dapat menggabungkan Ilmu Desa yang manusiawi dan ramah lingkungan dengan Ilmu baru dari Kampus. Harmoni ini sangat penting demi kemajuan semua. Namun Ilmu Ndeso kerap diberi stigma negatif tanpa meneliti kebenarannya.


Salah satu Ilmu Ndeso yang mahsyur adalah tentang tanda alam dari satwaliar semisal jangkrik. Suara jangkrik adalah tanda bahwa lingkungan disekitar kita masih bagus, tanda udara sejuk dan dingin, serta tanda bahwa malam telah tiba. Meski terlihat sepele, namun jangkrik ini tidak pernah berbohong dimanapun berada, dan menjadi indikator lingkungan bagus. Jangkrik juga merupakan salah satu alternatif gizi masyarakat Desa, jangkrik dan belalang adalah serangga bernilai gizi protein yang tinggi dan tentunya halal serta murah.


Beberapa anggapan dari kota pun, menilai bahwa suara jangkrik dimalam hari meski berisik namun memberi terapi ketenangan jiwa. Bahkan ada orang yang sengaja mendengarkan suara rekaman jangkrik menjelang tidur agar memperoleh ketenangan jiwa dan tidur yang lebih lelap. Suara jangkrik ini disisi lain juga sangat dibenci oleh tikus, cara menggunakan jangkrik ini cukup efektif di beberapa tempat dalam menganggu hegemoni tikus di sekitar rumah.

$ads={1}


Jangkrik yang mengeluarkan suara biasanya dari jenis jantan untuk menarik pasangannya. Selain itu jangkrik juga merupakan salah satu makanan kesukaan burung burung kicau agar memperoleh suara kicau yang lebih indah. Menjelang hujan petir atau badai biasanya suara jangkrik sudah menggema sebagai salah satu tanda bahwa perubahan kondisi lingkungan menjadi lebih dingin. Potensi Jangkrik sebagai alternatif gizi, pakan ternak dan terapi jiwa adalah berkah dan buah dari Kehidupan manusiawi dari Ilmu Desa.


Sumber: Dodi Prasetyo


- Fordiasi, Forum  Media Informasi - 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama