Facebook ditinggalkan, Instagram dan Tiktok Ramai digunakan?


FACEBOOK DITINGGALKAN, INSTAGRAM DAN TIKTOK RAMAI DIGUNAKAN?


FORDIASI.COM | OPINI - Saat ini Facebook sudah ditinggalkan oleh kaula muda. Kebanyakan orang yang bermain facebook saat ini adalah generasi X dan Y (65-95). Tapi generasi Z cenderung lebih tertarik menggunakan Instagram dan Tiktok sebagai platform media sosialnya.


Bahkan teman-teman saya yang Gen Z saja banyak yang berpindah platform media sosial dari facebook ke Instagram dan Tiktok. facebooknya terakhir aktif 2-5 tahun yang lalu.


Padahal waktu tahun 2011-san, teman saya semuanya bermain facebook, saling interaksi dan balas komentar dimasing-masing status. and now? kita bisa lihat sendiri..


Gen Z cenderung lebih tertarik dengan konten/hiburan yang informatif, singkat, jelas, padat dan terpercaya. Mereka malas untuk baca-baca sebuah tulisan/informasi di Google karena dianggap tidak efektif, apalagi seperti situs raksasa kompas.com/tribunews yang memiliki halaman baca (1/2/3/4/5)


Gen Z biasanya melihat informasi melalui Short Video pada Instagram Reels dan FYP Tiktok.


Oleh sebab itu kenapa Generasi Z bisa dibilang minat membacanya sangat lemah. sebab yang mereka 'search' itu adalah 'rangkuman' dari suatu bacaan/informasi/berita.

$ads={1}


Para penulis buku, Content Writer dan Perusahaan penerbit buku hanya bisa menulis dan mencetak untuk dibaca oleh Generasi X dan Y saja, kalaupun ada Gen Z itu hanya sebagian kecil. Hal ini juga berdasarkan analisis saya di beberapa Grup-grup facebook 'content writer dan komunitas Bisa Menulis (KBM)'. Rata-rata yang memiliki minat baca dan menulis di rentang umur 22-40 tahun.


Namun tidak dipungkiri, banyak juga mereka yang genereasi X dan Y bermain Instagram. Karena di Instagram masih banyak ditemukan tulisan-tulisan berupa Flyer/poster. Umumnya tulisan panjang oleh pemilik akun akan dibuatkan beberapa Slide agar lebih mudah dikonsumsi, mengingat instagram sendiri memiliki batasan 'caption' pada fitur postingannya.


Dan tidak dipungkiri juga, tidak sedikit Generasi X dan Y bermain di Platform Tiktok. Kebanyakan mereka yang bermain di aplikasi ini menjadi Konten Kreator, kalaupun bukan konten kreator mereka hanya ikut-ikutan saja atau selingan mengisi waktu luang.


Tapi value (+) dari Generasi Z itu mereka jadi melek dunia digital dan membuat dirinya menjadi intelektual secara sendirinya. Sebab, berbagai informasi semua ada di internet. Ini salah satu nilai Positif yang menurut saya baik untuk perkembangan ilmu pengetahuan pada dirinya. Anak yang malas belajar dan membaca di sekolah, setidaknya dengan gadget yang ada digenggamannya menjadi pengetahuan 'tambahan' untuknya ketika mengkonsumsi informasi (berita, pengetahuan dan yang lainnya).


Ini menurut pandangan saya terkait fenomena 'hasil survei' facebook yang mengatakan jumlah penggunanya kian berkurang. hehe


Apa pendapat dan alasanmu? yuk berbagi melalui kolom komentar!


Ditulis: Hendra, S

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close