Profil PT. Siantar Top Tbk


PROFIL PT. SIANTAR TOP TBK


FORDIASI.COM | PROFIL PERUSAHAN - Situs fordiasi.com menyediakan layanan informasi mengenai profil perusahaan ataupun tempat usaha di seluruh Indonesia.


Informasi yang kami dapatkan berasal dari website official perusahan yang kami jadikan sumber rujukan ataupun dari sumber yang memiliki tingkat kevaliditasan yang baik, setelah itu kami rangkum menjadi satu artikel dengan informasi yang lengkap.


Salah satu profil perusahaan yang ingin kami bahas, adalah Profil Perusahaan PT. Siantar Top Tbk yang berkantor pusat di Sidoarjo.


SEJARAH SINGKAT

Didirikan pada tahun 1972, PT. Siantar Top Tbk merupakan pelopor industri makanan ringan di daerah Jawa Timur. Siantar Top tercatat di Bursa Efek Indonesia Pada tahun 1996. Hingga saat ini PT Siantar Top terus berkembang dan memperkuat posisinya sebagai perusahaan garda terdepan yang bergerak di bidang manufacturing makanan ringan (snack). PT. Siantar Top mulai ekspansi secara besar-besaran untuk melebarkan sayapnya ke beberapa kawasan Asia, salah satunya negeri gingseng China. Seiring berjalannya waktu, PT. Siantar Top terus melakukan perbaikan untuk memperbaiki kualitas dan pelayanan customer diberbagai kalangan. Karena kualitas produk dan rasanya yang mudah diterima oleh Masyarakat, kini makanan ringan PT Siantar Top dapat dinikmati oleh konsumen di mancanegara.

$ads={1}

SEJARAH LENGKAP PT. SIANTAR TOP TBK



Perjalanan PT Siantar Top menuju sukses tidak lepas dari segala rintangan menyakitkan dan kisah inspiratif seseorang yang gigih untuk meraih mimpi besar. Ia adalah Shindo Sumidomo yang lahir pada tahun 1953 di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Shindo kecil yang tumbuh dalam keluarga dengan latar belakang bisnis makanan memiliki keinginan yang besar untuk mengetahui di bidang kuliner. Sejak kecil, ia melakukan berbagai macam penelitian dan eksperimen untuk menciptakan makanan yang lezat. Maka akhirnya lahirlah ide untuk memulai bisnis makanan sendiri.


Pada tahun 1972, ia yang saat itu berusia 19 tahun mulai merantau dan memutuskan untuk menetap di Surabaya. Mengadopsi pepatah Cina "Orang mengutamakan makanan, makan dulu", ia memulai bisnis rumahan di industri makanan ringan. Karena keyakinan, semangat yang tak tergoyahkan, inovasi, dan juga kecintaannya, akhirnya bisnisnya berkembang pesat.


Pada tahun 1987, bisnis rumahan Shindo Sumidomo menjadi PT Siantar Top Industri. 2 tahun kemudian, pada tahun 1989, mendirikan pabrik baru dengan luas 25.000 m² yang terletak di Tambak Sawah, Sidoarjo. Dan pada tahun 1996, PT Siantar Top berhasil tercatat sebagai perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia dan menjadi PT Siantar Top Tbk. PT Siantar Top Tbk terus mengembangkan usahanya. Dimulai pada tahun 1998 dengan berdirinya pabrik baru di Medan, pada tahun 2002 mendirikan pabrik di Bekasi dan terakhir pada tahun 2011 mendirikan pabrik di Makassar. Untuk ISO yang merupakan standar internasional untuk sistem manajemen mutu, PT Siantar Top Tbk telah mendapatkan ISO 9001:2000, ISO 9001:2008 dan juga ISO 22000:2005 dari URS. PT Siantar Top Tbk juga meraih beberapa penghargaan diantaranya Global Brand Developer pada 2007, Best Quality Product of the Year (2013), Best Manufacturing Company of the Year (2014), dan juga Best Brand for KIDS (2015). Saat ini, PT Siantar Top terus tumbuh dan memperkuat posisinya sebagai perusahaan terkemuka yang didedikasikan untuk pembuatan makanan ringan.


PT Siantar Top sudah mulai melebarkan sayapnya, berekspansi ke berbagai kawasan Asia, salah satunya China. Shindo Sumidomo percaya bahwa dengan komitmen yang kuat dan usaha yang berkesinambungan, Siantar Top akan mampu meraih sukses dan menjadi merek terkemuka baik di dalam negeri maupun di luar negeri.


PT Siantar Top Tbk pertama kali didirikan pada tahun 1972. Sebagai pionir dalam industri makanan ringan di Jawa Timur, pada tahun 1996 Siantar Top tercatat sebagai perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia. Saat ini, PT Siantar Top terus tumbuh dan memperkuat posisinya sebagai perusahaan terkemuka yang didedikasikan untuk pembuatan makanan ringan. PT Siantar Top sudah mulai melebarkan sayapnya, berekspansi ke berbagai kawasan Asia, salah satunya China.


Seiring berjalannya waktu, PT Siantar Top terus melakukan perbaikan dari segi kualitas produk sehingga dapat diterima di berbagai kalangan. Dan karena kualitas produknya, kini konsumen di seluruh dunia dapat menikmati berbagai jenis produk PT Siantar Top.


  • Berusaha meningkatkan inovasi produk dengan menambahkan investasi baru di kategori produk cookie dan wafer
  • Meningkatkan kinerja distribusi untuk penetrasi pasar yang luas
  • Mencoba lebih dekat dengan pasar
  •  Meningkatkan kemampuan interpersonal (integritas dan inisiatif) SDM.
  • Menggunakan teknologi R&D dan teknologi mesin dari Jepang dan Korea

$ads={2}

VISI & MISI PERUSAHAAN



VISI

Menjadi perusahaan terkemuka yang terus tumbuh dan berkembang demi kepuasan bersama.


MISI

Menjadi perusahaan pelopor produk-produk dengan TASTE SPECIALIST. Menyediakan produk yang kompetitif harganya, terjamin mutu, halal dan legalitasnya. Memberikan konstribusi bagi kesejahteraan bersama (stakeholder, karyawan, dan masyarakat). Mengembangkan keragaman produk/usaha sesuai perkembangan kebutuhan pasar atau konsumen. Membuka kesempatan untuk pihak lain(investor) untuk bekerja sama dengan mensinergikan kemampuan yang dimiliki untuk memperkuat dalam mengembangkan usaha.


JEJAK REKAM PERUSAHAAN


Tahun 1972: Memulai usaha sebagai industri rumah tangga.

Tahun 1987: Resmi berdiri sebagai PT. SIANTAR TOP di area seluas 3000m2 diwilayah Rungkut Surabaya

Tahun 1989: Mendirikan pabrik modern pertama seluas 3000 m2 di wilayah Tambak Sawah Sidoarjo

Tahun 1996: Mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) dengan kode STTP

Tahun 1998: Mendirikan pabrik baru di Medan

Tahun 2000: Penggabungan usaha PT. Saritama Tunggal, perusahaan yang bergerak di bidang Mie Instan.

Tahun 2001: Stock split dengan perbandingan 1:5

Tahun 2002: Mendirikan pabrik baru di Bekasi

Tahun 2003: Menerima sertifikat ISO 9001 : 2000 dari URS

Tahun 2007: Mendapat penghargaan atas kinerja ekspor atas pengembangan jenis produk dari Gubernur Jawa Timur.

Tahun 2009: Menerima peningkatan ISO 9001 : 2008

Tahun 2010: Menerima sertifikat ISO 22000 : 2005 dari URS

Tahun 2011: Mendirikan pabrik baru di Makasar 2008

Tahun 2012 & 2014: Memperluas jaringan dengan strategi kemitraan &Pengembangan industri biskuit dan kopi


COMPANY CORE VALUE

INTEGRITY

Kredibilitas: Kejujuran dalam lingkungan kerja antara staf, manajemen, distributor, dan konsumen untuk menjaga nama baik perusahaan.

Tanggung Jawab: Bertanggung jawab di lingkungan kerja dengan menerapkan 6 langkah semangat kerja yaitu simple, rapi, jelas, akurat, deadline dan target selesai

Profesionalisme: Sebuah hubungan dan hubungan profesional antara rekan kerja, distributor, serta konsumen.


RESPONSIVENESS

Peluang: Bertindak proaktif dan kreatif dalam menghasilkan ide untuk menghasilkan peluang yang berlaku untuk pertumbuhan perusahaan.

Inovasi: Melanjutkan pengembangan usaha untuk meningkatkan kontribusi dengan memanfaatkan teknologi, ilmu pengetahuan, dan kreativitas.

Perbaikan terus menerus: Komitmen berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas produk, industri, sumber daya alam, dan menyempurnakan sistem operasional dengan dukungan teknologi.


EXELLENCE

Kualitas: Menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan teknologi canggih sesuai dengan kebijakan perusahaan yang mengutamakan rasa di atas yang lain (Taste Specialist).

Keamanan: Memastikan kualitas produk berada dalam standar yang ditetapkan dengan menerapkan bahan yang benar dari awal sampai akhir produksi, semua dengan proses standar dan aman.

Kreativitas: Mengamati pangsa pasar sebagai bagian dari proses kreatif dalam menciptakan inovasi baru dan membuat produk baru yang berkualitas tinggi untuk memenuhi permintaan pasar.


WINNING TEAM

Kerja sama: Membangun perusahaan yang solid di antara staf, manajemen, distributor, dan konsumen atas dasar rasa hormat, kepercayaan, kejujuran, dan transparansi.

Eksistensi: Konsisten dalam mengembangkan dan menjaga eksistensi perusahaan sebagai pionir produsen yang menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi.

Profitabilitas: Mempertahankan dan meningkatkan laba perusahaan, dengan menerapkan semua tindakan yang diperlukan di setiap sektor termasuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia.


STRUKTUR ORGANISASI


DEWAN DIREKSI


Agus Suhartono | Direktur Utama

Seorang profesional yang memulai karirnya sebagai Factory Manager di PT. Sari Alam pada tahun 1995 sampai dengan September 2006, selanjutnya sebagai Direktur di PT. Cita Rasa Sukses pada tahun 2006 sampai dengan Desember 2018. Bergabung dengan PT. Siantar Top, Tbk pada Desember 2018 sebagai Direktur Utama


ARMIN | Direktur Operasional

Memulai karir sebagai Marketing Supervisor UD. Serdang Utara, Medan sebelum pindah dan menjadi Koordinator PT. Siantar Tama, Sidoarjo. Pada tahun 2002 bergabung dengan PT Siantar Top Tbk sebagai Koordinator Bekasi dan Medan hingga menjabat sebagai


SHINDO SUMIDOMO | Direktur Bisnis dan Pengembangan

Seorang pengusaha kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara yang memulai bisnis sebagai pengusaha di industri makanan. Beliau adalah Direktur perusahaan induk yang mendirikan PT Sari Bumi Alam Indonesia, pendiri PT. Sari Tama Tunggal, dan pendiri PT. Shindo Tiara Tunggal.


SUWANTO | Direktur Bisnis dan Pemasaran

Seorang profesional dengan pengalaman luas di berbagai industri seperti Head of Sales di PT. Delion Citradinamika, National Settlement Manager di Modern Group, GM Marketing and Sales di Maspion Group, Business Director di PT. Shindo Tiara Tunggal dan PT. Semestanustra Distrindo, Direktur Pemasaran di PT. Platinum Ceramics Industry and Business and Marketing Director di PT. Siantar Top Tbk.


DEWAN KOMISARIS


Osbert Kosasih | Komisaris Utama

Memulai karir sebagai pengusaha kontraktor pada tahun 1977. Kemudian menjadi Direktur di Fukumura Food Industry hingga akhirnya bergabung dengan PT. Siantar Top Tbk sebagai Sekretaris Perusahaan sekaligus Wakil Presiden Direktur PT. SHindo Tiara Tunggal dan sebagai Komisaris Utama PT Siantar Top Tbk per 2010.


Juwita Wijaya | Komisaris

Memulai karir di departemen akuntansi, kemudian menjadi Kepala Departemen Keuangan, dan akhirnya menjabat sebagai Komisaris hingga saat ini.


KOMITE

- Osbert Kosasih

- I. Gde Cahyadi

- Didit Laksmono


CONTACT & WEBSITE PT. SIANTAR TOP TBK


Alamat: Jl.Tambaksawah 21‐23 Waru – Sidoarjo 61256, Indonesia.

Tlp: 031-111-570 | 08124548588

Email: support@siantartoptbk.com

Website: https://www.siantartoptbk.com/


Demikian informasi mengenai " Profil PT. Siantar Top Tbk "


Semoga bermanfaat


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama