Mengenal Apa Itu SEO Content Mapping


MENGENAL APA ITU SEO CONTENT MAPPING


FORDIASI.COM | INTERNET -  SEO Content Mapping adalah rencana bagi Anda untuk membuat konten sesuai dengan target pengguna dan pada waktu yang tepat.


Content mapping atau pemetaan konten sangat penting jadi jangan asal-asalan saat membuat konten.


Dalam melakukannya, pemasar umumnya akan mempertimbangkan karakteristik pengguna atau pelanggan yang akan mengkonsumsi konten tersebut.


Misalnya, mengidentifikasi pengguna yang kesulitan berbicara di depan umum.


Dari situ, Anda bisa membuat konten tentang tips mengatasi masalah public speaking agar bisa dikonsumsi oleh pengguna.


Secara tidak langsung, content mapping membantu Anda memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan melalui konten yang akan dihasilkan.


Artinya konten yang dibuat tidak sia-sia karena sesuai dengan target pasar.


Juga, seperti dilansir Web Fx, tujuan membuat peta konten adalah untuk membantu Anda mengembangkan konten sehingga Anda dapat menghasilkan persona yang baik untuk pengguna.


Sebelum memulai membuat konten untuk website, tentunya seorang Digital Marketer akan melakukan keyword research terlebih dahulu untuk menentukan queries apa yang akan digunakan dalam artikel tersebut.


Oleh karena itu, hal-hal yang menjadi perhatikan utama ketika melakukan keyword research ini adalah:

- Search Volume

- Keyword Difficulty

- Search Intent


Namun, pernah engga kita menyadari, bahwa selama ini ada hal yang mungkin masih kita abaikan saat melakukan keyword research?


Misalnya:

- Audience Interest

- Type of Content

- Buyer Journey


Jadii... Apabila dalam membuat konten kita hanya fokus kepada, "berapa trafik yang dapat diraih" dengan menargetkan keyword high search volume...


Maka ada kemungkinan konten yang kita buat akan terasa "hampa".


Andaikan bisa mendapatkan posisi #1 di Google pun, biasanya interaksinya akan saangatt sedikit.


Atau malahan orang yang click artikel tersebut akan segera pergi setelah menemukan "jawaban" dari pencarian yang telah dilakukan.


Mengapa bisa terjadi seperti ini?

$ads={1}


Salah satu alasannya adalah karena kita telah melupakan yang namanya Audience Interest.


Akhirnya saat kita membuat konten, kita tidak menyajikan sesuatu yang relate dengan problem yang sedang dihadapi oleh audience kita.


Jadi, sebenarnya wajar kalau interaksi di halaman website tersebut sedikit, meskipun trafik yang didapat cukup banyak.


Anehnya lagi, sekarang ini masih sering kita menemukan konten-konten di internet yang mana pada semua search intent, CTA yang diberikan adalah "beli sekarang".


Hal yang seperti ini tentu sangat jauh dari yang namanya relate dengan problem yang dihadapi audience atau dapat dikatakan tidak sesuai dengan interest mereka.


Disilah mengapa Content Mapping itu sangat perlu


Sebagai seorang Digital Marketer khususnya SEO Specialist, sudah seharusnya bisa merencanakan hal ini di awal.


Content Mapping adalah proses perencanaan konten berdasarkan siapa audience kita dan bagaimana buyer journey mereka. Jika mapping yang dilakukan sudah tepat, maka effort yang dicurahkan dalam membuat konten pun akan terbayarkan.


- Menargetkan keyword dengan high search volume tentu akan sangat menantang, hingga akhirnya tanpa kita sadari ada gap yang terlalu jauh antara konten yang kita buat dengan audience.


Kalau seperti ini kejadiannya, mendapatkan ranking #1 di Google sekalipun kalau yang datang itu bukan target audience yang relevan, maka besar kemungkinan opportunity ini akan diambil oleh para kompetitor. (Karena gap antara website kita dengan target audience diisi oleh konten milik kompetitor)


Dan akhirnya... kitapun hanya bisa...


Bagaimana kalau menurut teman-teman Digital Marketing yang ada disini?


Oleh: Alif Nuryasin | SEO Specialist & Digital Marketing Enthusiast

Editor: Hendra, S


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close