Perbedaan Promosi Konten Vs Konten Promosi


PERBEDAAN PROMOSI KONTEN VS KONTEN PROMOSI


FORDIASI.COM | INTERNET - Awalnya saya belum tahu perbedaan antara promosi konten dan konten promosi...


Nah, setelah mengikuti mini bootcamp content marketing, baru sadar kalau kedua hal tadi adalah sangat berbeda dan punya tujuan yang berbeda pula.


Akhir-akhir ini saya lagi tertarik banget untuk belajar tentang content marketing. Sebab, saya tahu bahwa content marketing sangat bagus jika dikolaborasikan dengan Search Engine Optimization (SEO).


Content marketing adalah salah satu cara yang kreatif untuk membangun komunikasi dengan audience dan membuat ikatan emosional yang lebih dekat dengan mereka.


Perbedaan Antara Promosi Konten vs Konten Promosi


Singkat cerita, promosi konten itu adalah segala upaya yang dilakukan agar konten yang sudah dibuat dapat menjangkau audience yang lebih luas.


Sedangkan konten promosi adalah penyajian konten baik dalam bentuk tulisan, gambar atau video kepada target audience yang inti materinya adalah promosi (jualan).

$ads={1}


Mengapa Promosi Konten itu Penting?


Ada 2 alasan mengapa promosi konten itu sangat penting, sebagaimana yang disampaikan oleh mas M Ryan Saputra dalam mini bootcamp Content Marketing yang diselenggarakan oleh GreatEdu:


Pertama, karena kontennya memang sudah dibuat.

Kedua, karena ada KPI, ahahaha…


Patut untuk disadari, bahwa sebelum membuat konten, kita memiliki angka yang harus dikejar (reach/impression) agar tujuan bisnis bisa tercapai.


Karena itulah, mempromosikan konten menjadi sangat penting...


Di SEO sendiri, dikenal juga yang namanya content amplification, yang punya tujuan hampir sama. Yaitu agar konten yang sudah dibuat dapat menjangkau audience yang lebih luas.


Bagaimana Caranya Promosi Konten?


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan konten. Yang paling umum adalah dengan membagikan salah satu feed Instagram ke story.


Nah, sayangnya banyak sekali pemilik akun Instagram yang hanya asal share feed ke story, tanpa mau membangun konteks terlebih dahulu.


Walhasil, engagement yang didapat pun sangat sedikit...


Padahal, semestinya kita bisa membangun konteks terlebih dahulu sebagai “pengantar” ketika hendak mempromosikan konten ke target audience. Agar faedah yang didapatkan bisa lebih banyak dan angka yang dikejar bisa tercapai.


Saya sendiri sudah mencoba menggunakan metode ini di Linkedin dan dampaknya cukup terasa juga lhoo...


Dimana konten yang sudah dibuat pada 1 pekan yang lalu dapat naik kembali, dengan dibarengi penambahan like atau comment pada postingan tersebut.


Misalnya, pada postingan saya beberapa hari yang lalu tentang, “SEO: Apakah masih diperlukan jika brand saya sudah terkenal?” [https://lnkd.in/g6VNjmqu]


Postingan ini termasuk promosi konten yang bertujuan untuk meng-up kembali konten saya sebelumnya.


Singkat perbedaannya:


Promosi konten = ads, repost, interaksi

Konten promosi = paid promotion, endorse


Oleh: Alif Nuryasin | SEO Specialist & Digital Marketing Enthusiast

Editor: Hendra, S


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close