Sanksi FIFA, Bisa 10 Tahun Timnas dan Klub Tidak Berlaga Atas Meninggalnya 127 Supporter Malang


SANKSI FIFA: BISA 10 TAHUN TIMNAS DAN KLUB TIDAK BERMAIN ATAS MENINGGALNYA 127 SUPPORTER MALANG


FORDIASI.COM | SEPAK BOLA - Persebaya vs Arema FC menjalani pertandingan pada lanjutan kompetisi Liga 1, Sabtu (01/10/22). Kedua klub sama-sama memberikan permainan yang cukup impresif dan saling menyerang. Skor di akhir laga dimenangkan oleh tim tamunya (Persebaya) dengan hasil 3-2.


Seusai pertandingan, kurang lebih 6.000 Aremania turun ke lapangan untuk melayangkan protes kepada tim kesayangannya. Bukan tanpa alasan, Aremania turun ke lapangan karena mengaku kecewa dengan permainan timnya yang dikalahkan oleh Persebaya. Padahal klub kesayangan itu telah menjaga rekor tidak terkalahkan dengan persebaya di kandang sendiri selama kurun waktu 23 tahun lamanya.


Aparat keamanan kepolisian dengan sigap turun mengamankan para pemain beserta tim officialnya agar tidak terjadi hal-hal diinginkan.


Akhirnya terjadi bentrokan yang tidak dapat dibendung antara aparat keamanan dengan aremania yang turun ke lapangan. Terjadi aksi saling kejar dan memukul, hingga pada akhirnya polisi melepaskan gas air mata ke area stadion untuk membubarkan para penonton di lapangan dan di tribun.


Bukan makin kondusif, hal ini membuat para penonton berdesakan untuk menuju 1 pintu keluar karena banyak supporter yang susah bernapas akibat gas air mata dan juga pintu keluar yang berdesak-desakan akhirnya menyebabkan 127 Supporter meninggal dan ratusan lainnya di rawat.


Sementara dikutip dari FIFA Stadium Safety and Security Regulations, bahwa penggunaan gas air mata dilarang ketika di pertandingan sepak bola.


Peraturan itu tertuang pada pasal 19 b) yang menyebutkan 'No firearms or "crowd control gas" shall be carried or used''.


Artinya: Senjata api atau gas untuk mengontrol kerumunan dilarang dibawa serta digunakan.

$ads={1}


Kilas balik melihat tragedi heysel tahun 1985. Di mana saat itu tim Liverpool vs Juventus berlaga untuk merebutkan juara Liga Champion. Ada sekitar 39 orang Supporter meninggal dunia dalam pertandingan tersebut. Dan akhirnya FIFA melarang klub-klub inggris beserta timnasnya untuk tidak boleh berlaga di semua kompetisi Eropa selama kurun waktu 5 tahun lamanya.


Baca juga: Media Curacao Sebut Para Pemain Timnas Indonesia Diving Seperti Neymar


Jika melihat Tragedi meninggalnya 127 orang supporter Aremania. Maka angka ini menjadi 3 kali lipatnya. Bisa jadi kemungkinan sanksi yang dilayangkan FIFA kepada PSSI adalah 10 Tahun Timnas Indonesia dan Liga Indonesia tidak berlaga, atau bahkan lebih.


Lalu bagaimana dengan Timnas Indonesia yang saat ini sedang on fire? bagaimana nasib sepak bola Indonesia ke depannya?


Semoga sanksi FIFA tidak memberatkan bagi Timnas Indonesia.


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close