Flow Meter: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Mekanismenya


FLOW METER: PENGERTIAN, FUNGSI, JENIS DAN MEKANISMENYA


FORDIASI.COM | INFORMASI - Flow meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur volume massa gas dan cairan. Flow meter memiliki banyak sebutan disetiap segmen industri seperti flow gauge, flow indicator, liquid meter, flow rate sensor, dll. Namun, Apapun istilah/nama yang disebutkan semua fungsinya adalah untuk mengukur aliran saluran terbuka, seperti aliran sungai yang dapat diukur dengan flow meter. Selain aliran, Flow meter juga dapat mengukur aliran gas dan cairan yang berada di dalam pipa. Meningkatkan presisi, akurasi, dan resolusi pengukuran fluida adalah manfaat terbesar dari Flow Meter.


Kenapa Mesti Menggunakan Flow Meter?

Flow Meter digunakan untuk memonitoring/mengontrol aliran yang akurat. Beberapa aplikasi industri memerlukan perhitungan kuantitas yang tepat, seperti pengembangan katup servo presisi untuk industri penerbangan. Di sisi lain, dalam pengaplikasian juga dapat mengukur aliran air ke kebun anggur mungkin hanya membutuhkan akurasi pengukuran 5% hingga 10%.

Tidak semua flow meter dapat mengukur dan mengeluarkan hasil data yang sama. Karena semua sensor, termasuk flow meter, memiliki ketidakpastian atau kesalahan dalam data yang diberikan, industri menggunakan beberapa istilah untuk menggambarkan seberapa dekat dengan aliran "sebenarnya" yang dapat dilaporkan oleh pengukur. Istilah yang akan kamu lihat meliputi akurasi pembacaan, akurasi skala penuh, pengulangan, dan resolusi. Satu perbedaan signifikan hasil laporan flow meter dengan lainnya adalah pada perbedaan akurasi pembacaan dan akurasi skala penuh.

Jenis-Jenis Flow Meter

Positive Displacement (Juga dikenal sebagai pengukur aliran Volumetrik atau pengukur aliran PD).

Positive Displacement unik karena merupakan satu-satunya meter yang mengukur volume aktual secara langsung. Semua jenis lain menyimpulkan laju aliran dengan membuat beberapa jenis pengukuran lain dan menyamakannya dengan laju aliran. Dengan PD meter, sinyal keluaran berhubungan langsung dengan volume yang melewati meteran. Termasuk jenis bi-rotor (roda gigi, roda gigi oval, roda gigi heliks), cakram ulir, piston reciprocating, dan piston berosilasi atau putar.

$ads={1}


Mass

Sinyal keluaran berhubungan langsung dengan massa yang melewati meteran. flow  meter termal dan Coriolis termasuk dalam kategori ini.


Velocity

Sinyal keluaran berhubungan langsung dengan kecepatan yang melewati meteran.


  • Electromagnetic
  • Ultrasonic
  • Turbine, Propeller, and Paddle Wheel
  • Vortex Shedding
  • Target
  • Variable Area and Rotameter
  • Orifice Plate, Open Channel, Flow Nozzle, Laminar, Venturi, and Pitot Tube


Jenis flow meter apa yang terbaik?

Tidak ada flow meter "universal" yang dapat digunakan di semua aplikasi. Memilih teknologi yang tepat untuk aplikasi kamu membutuhkan pesifikasi aliran yang mencakup penggunaan meteran. Biasanya ada trade-off dengan setiap jenis meteran, jadi mengetahui spesifikasi secara detail akan menjadi hal yang penting.


Beberapa Hal yang harus kamu ketahui Mengenai Flow Meter:


Gas atau Cairan apa yang diukur Flow Meter?

Kecepatan aliran minimum dan maksimum.


Apa syarat dan Hasil akurasi?

- Suhu dan viskositas fluida

- Kompatibilitas cairan dengan bahan konstruksi

- Tekanan maksimum di lokasi


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close